Masjid Agung Ngawi Tak Lakukan Penyembelihan Hewan Kurban

Antara, CNN Indonesia | Jumat, 31/07/2020 15:23 WIB
Masjid Agung Ngawi tidak melakukan penyembelihan hewan kurban pada Iduladha 1441 H guna hindari kerumunan yang potensi penularan corona. Ilustrasi. Masjid Agung Ngawi tiadakan pemotongan hewan kurban (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Ngawi, CNN Indonesia --

Takmir Masjid Agung Baiturrahman Kabupaten Ngawi, Jawa Timur memastikan tidak melakukan penyembelihan hewan kurban pada Iduladha 1441 Hijriah yang berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

"Idul Adha 1441 atau tahun 2020 ini tidak ada kegiatan penyembelihan hewan kurban. Hal itu untuk menghindari adanya kerumunan warga," ujar Sekretaris Takmir Masjid Agung Baiturrahman Ngawi, Salimoel Amien, di Ngawi, Jumat (31/7).

Menurutnya, sebelum keputusan meniadakan kegiatan memotong kurban ini, sempat ada opsi untuk tetap menyelenggarakan prosesi penyembelihan. Lantas daging kurban akan dikirim ke penerima dari rumah ke rumah.


Namun, akhirnya opsi tersebut dibatalkan. Sebab, dikhawatirkan bakal tetap mengundang warga datang ke masjid meski sudah disepakati akan dibagi langsung ke rumah.

Sehingga, akhirnya pihak masjid memutuskan untuk meniadakan pemotongan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan yang rawan penularan virus corona jenis baru atau COVID-19

"Akhirnya diputuskan tidak jadi dilaksanakan, karena akan sulit melarang warga datang ke masjid," kata dia.

Kendala lain, adanya pembangunan tempat pedagang kaki lima (PKL) di sisi utara masjid. Pembangunan ini membuat area untuk penyembelihan hewan kurban menjadi sempit.

"Biasanya untuk penyembelihan membutuhkan tempat yang luas. Terutama di masjid sini setiap tahun rata-rata menyembelih enam ekor sapi dan 20 kambing," katanya.

Terkait dengan Shalat Idul Adha, Salimoel mengatakan dilaksanakan di dua tempat, yakni jamaah laki-laki di dalam masjid, sedangkan perempuan di Alun-Alun Ngawi yang berada di depan masjid.

Sebagian jamaah lainnya ditampung di area sekitar masjid. Pihaknya memperkirakan jumlah jamaah yang hadir untuk menunaikan shalat Idul Adha kisaran 700 sampai seribuan.

Selama Shalat Idul Adha, jamaah tetap diminta melakukan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga kebersihan, dan jarak.
 

(eks)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK