64.250 Peserta SIMAK UI Ujian Online Hari Ini

CNN Indonesia | Rabu, 05/08/2020 17:29 WIB
Ada 13 prodi vokasi, 64 prodi S1 reguler, 35 prodi S1paralel, dan 15 prodi S1 kelas internasional yang dibuka pada SIMAK UI 2020 bagi lulusan SMA/sederajat. Ilustrasi pelaksanaan tes berbasis komputer untuk masuk universitas. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) untuk program pendidikan D3, S1 Reguler, dan S1 Paralel berlangsung secara daring hari ini, Rabu (5/8).

"Pada hari ini, sebanyak 64.250 peserta mengikuti SIMAK UI 2020 untuk program pendidikan vokasi dan sarjana. Peserta ujian berasal dari dalam dan luar negeri," kata Kepala Biro Humas Universitas Indonesia, Amelita Lusia dalam keterangan tertulis.

Untuk diketahui, program studi yang dibuka pada SIMAK UI 2020 bagi lulusan SMA/sederajat adalah 13 program studi Vokasi (D3), 64 program studi Sarjana Reguler, 35 program studi Sarjana Paralel, dan 16 program studi Sarjana Kelas Internasional.

Sebelumnya, Ujian SIMAK UI S1 Kelas Internasional, S1 Ekstensi/Paralel lulusan D3, dan Pascasarjana telah berlangsung secara daring pada Minggu (19/7). Amelita mengatakan peserta dari luar negeri berasal dari negara Korea Selatan, Qatar, Saudi Arabia, dan Thailand.


Untuk tahun ini, SIMAK UI dilakukan secara daring menggunakan sistem tes berbasis komputer (Computer Based Test/CBT). Peserta dari berbagai wilayah di Indonesia dapat melaksanakan ujian secara daring tanpa harus datang ke lokasi

"Ujian daring dilakukan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT), setiap peserta dapat mengikuti tes menggunakan ponsel, tab, laptop, komputer, untuk mengakses laman tes SIMAK UI," kata Amelita.

Dalam pelaksanaannya, panitia mengerahkan tim pengawas melalui webcam atau kamera ponsel pintar untuk mengawasi jalannya ujian.

"SIMAK UI Gelombang 2 ini menggunakan web browser yang menyimpan cache, sehingga jawaban dari soal yang telah terisi masih tersimpan dan dapat diterima pada saat jaringan kembali stabil," ujar Amelita.

Untuk daya tampung peserta SIMAK UI sendiri, Amelita merinci sebanyak 2.744 untuk S1 Reguler, 674 untuk S1 Paralel, 392 untuk kelas Internasional, 410 untuk Vokasi (D3), dan 216 untuk S1 Ekstensi/Paralel Lulusan D3.

Amelita mengatakan, hasil ujian SIMAK UI untuk S1 Reguler, S1 Paralel, dan Vokasi akan diumumkan pada 22 Agustus 2020, sedangkan untuk pengumuman SIMAK UI Kelas Internasional akan diumumkan pada 7 Agustus secara daring melalui laman www.penerimaan.ui.ac.id.

"Hasil ujian akan diumumkan pada 22 Agustus 2020, untuk SIMAK UI Kelas Internasional akan diumumkan tanggal 7 Agustus secara online melalui laman www.penerimaan.ui.ac.id," pungkasnya.

(mln/kid)

[Gambas:Video CNN]