BPBD DKI Keluarkan Peringatan Dini Potensi Puting Beliung

CNN Indonesia | Selasa, 11/08/2020 07:17 WIB
BMKG memperdiksi hujan dan angin kencang disertai petir melanda Jaktim dan Jaksel pada sore hari, BPBD DKI Jakarta pun mengimbau aparat bersiaga. Ilustrasi cuaca buruk. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mewaspadai potensi angin puting beliung di ibu kota hari ini, Selasa (11/8). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebelumnya telah memprediksi hujan yang disertai petir dan angin kencang terjadi di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan sore dan menjelang malam.

"Peringatan dini. Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di Jaksel dan Jaktim pada sore dan jelang malam," demikian dikutip dari situs bmkg.go.id, Selasa (11/8).

Di akun twitternya, BPBD DKI Jakarta menyatakan penyebab hujan yang disertai angin kencang/puting beliung itu diduga terkait pertemuan atau perlambatan angin (konvergensi) yang terpantau memanjang, misalnya, dari Riau hingga Semenanjung Malaya, dari perairan Lampung hingga Kepulauan Mentawai.


Kondisi ini disebut dapat memberikan potensi pembentukan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

"Peringatan Dini: Berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang/puting beliung di wilayah DKI Jakarta pada 11 Agustus 2020," demikian cuitan BPBD DKI.

BPBD DKI Jakarta pun mengimbau aparat pemerintah DKI untuk bersiaga.

"Kepada OPD terkait, para Camat dan Lurah daerah rawan banjir ata longsor agar antisipasi dengan siagakan PPSU dan Satgas Banjir/PKLG DSDA Kecamatan," tutur keterangan itu.

Meski ada prediksi hujan, angin kencang, dan petir, BMKG secara umum memperkirakan cuaca di sejumlah wilayah DKI Jakarta berkisar antara cerah berawan dan hujan ringan.

Rinciannya, Jakarta Barat diprediksi akan terjadi hujan ringan pada siang dan malam. Suhunya antara 24 hingga 31 derajat Celsius.

Jakarta Pusat diperkirakan akan berawan pada siang hari dan cerah berawan pada malam, dengan suhu berkisar antara 25-30 derajat Celcius.

Jakarta Selatan diprediksi akan mengalami hujan ringan pada siang dan malam hari, dengan suhu antara 24-31 derajat Celcius.

Jakarta Timur diperkirakan akan mengalami hujan ringan pada siang dan cerah berawan di malam harinya, dengan suhu antara 24-31 derajat Celcius.

Sementara, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu diprediksi akan sama-sama cerah berawan sepanjang siang dan malam, dengan suhu masing-masing 25-30 derajat Celcius dan 26-28 derajat Celcius.

(arh/arh)

[Gambas:Video CNN]