Bobby Nasution, Mantu Jokowi Jagoan PDIP di Pilkada Medan

CNN Indonesia | Rabu, 12/08/2020 07:06 WIB
Menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution menyusul kakak iparnya, Gibran Rakabuming Raka yang ikut bertarung dalam gelaran Pilkada serentak 2020. Menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution resmi diusung PDIP sebagai calon wali kota Medan dalam gelaran Pilkada 2020. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) resmi mengusung menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution sebagai calon wali kota Medan di Pilkada Serentak 2020.

PDIP menduetkan Bobby dengan kader Partai Gerindra Aulia Rahman, yang diplot sebagai bakal calon wakil wali kota Medan.

Bobby adalah suami dari anak kedua Jokowi, Kahiyang Ayu. Ia merupakan anak dari mantan Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (Persero) IV, Erwin Nasution.


Bobby menempuh pendidikan di sejumlah kota di Indonesia karena harus mengikuti ayahnya yang kerap berpindah dari satu kota ke kota yang lain.

Pria kelahiran 5 Juli 1991 itu menempuh pendidikan dasar di Pontianak. Kemudian untuk tingkat SMP dan SMA, Bobby menuntaskannya di Bandar Lampung, Lampung.

Ia kemudian melanjutkan kuliah di Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor (IPB). Bobby juga meraih gelar S2 di kampus tersebut.

Bobby sempat berkarier di dunia sepakbola nasional. Ia pernah menjadi manajer di klub Medan Jaya yang disegani pada era Galatama maupun Divisi Utama Liga Indonesia.

Pada usia 20 tahun, Bobby sudah menjajal bisnis properti dengan memulainya dari merenovasi rumah untuk dijual kembali. Setelah berkembang, ia membangun beberapa rumah hingga akhirnya terlibat dalam proyek Malioboro City di Yogyakarta.

Pada November 2016, Bobby kemudian bergabung dengan perusahaan besar properti Takke Group dengan langsung menduduki kursi Direktur Marketing.

Tak hanya itu, ia merupakan pemegang saham sekitar 10-20 persen dari Takke Group, perusahaan properti yang memiliki di sejumlah bangunan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi.

Bobby juga tercatat memiliki perusahaan properti PT Wirasena Citra Reswara. Perusahaan tersebut menggarap perumahan program nawacita. Perusahaan tersebut bekerja sama dengan pemerintah dan BTN di Sukabumi, Jawa Barat.

Bobby menikahi Kahiyang pada November 2017 lalu. Pasangan suami istri itu kini telah memiliki dua orang anak, Sedah Mirah Nasution dan Panembahan Al Nahyan Nasution.

Kini, mantu Jokowi itu akan bertarung dalam kontestasi politik elektoral lima tahunan menyusul kakak iparnya, Gibran Rakabuming Raka yang lebih dahulu diusung PDIP sebagai calon wali kota Solo.

(mts/fra)

[Gambas:Video CNN]