Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Gedung Telkom Pekanbaru

CNN Indonesia | Rabu, 12/08/2020 21:17 WIB
Polisi telah membawa sejumlah sampel dari lokasi kebakaran Gedung PT Telkom Pekanbaru untuk menyelidiki penyebab kebakaran. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Pekanbaru, CNN Indonesia --

Polda Riau menyatakan masih menyelidiki penyebab kebakaran Gedung Telkom di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Riau pada Selasa (11/8).

Tim Laboratorium Forensik Polri Cabang Pekanbaru telah membawa sejumlah sampel dari lokasi kebakaran Gedung HPBB (High Performace Back Bone) PT Telkom untuk diteliti lebih lanjut.

"Enam personel Labfor cabang Pekanbaru turun ke lokasi  mulai dari tadi malam, dilanjutkan tadi pagi sampai siang hari (tim melakukan pemeriksaan di lokasi)," ujar  Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto kepada wartawan di Pekanbaru, Rabu (12/8).


Tim Labfor juga telah memeriksa sejumlah objek yang terbakar, seperti  kabel-kabel, arang dan abu sisa kebakaran untuk diperiksa dan dianalisis di Labfor. 

"Dari sanalah nantinya tim akan menentukan, apa sebenarnya yang menjadi penyebab kebakaran. " Jelas Sunarto.

Kebakaran Gedung HPBB di kompleks Plasa Telkom Pekanbaru mengakibatkan seluruh jaringan Telkom Group, termasuk Telkomsel, lumpuh mulai dari layanan telepon, paket data, SMS hingga internet.

Gangguan jaringan juga dirasakan hingga ke pelanggan di wilayah Sumatera Bagian Utara dan Tengah, di antaranya di Kepulauan Riau (Kepri), Sumatera Barat, Aceh dan Sumatera Utara.

Perusahaan penyedia operator seluler PT Telkomsel telah menyatakan layanan komunikasi ke pelanggan Telkomsel di wilayah Sumatera telah berangsur pulih dan mulai dapat akses kembali dengan normal.

"Layanan komunikasi baik telepon, SMS dan akses data Telkomsel di seluruh wilayah Sumatera yang sempat terdampak kini sudah berangsur pulih dan mulai dapat diakses kembali dengan normal oleh pelanggan," kata Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin dalam keterangan tertulisnya.

(ugo)

[Gambas:Video CNN]