Pengguna Telkom-Telkomsel Pekanbaru Masih Keluhkan Gangguan

CNN Indonesia | Rabu, 12/08/2020 19:06 WIB
Sejumlah pengguna Telkomsel dan Indihome di Pekanbaru masih mengeluhkan gangguan jaringan internet usai kebakaran STO Telkom. Ilustrasi (Dok. Telkomsel)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah warga di Pekanbaru masih merasakan gangguan internet Telkomsel dan Telkom, Rabu (12/8), pascapemulihan jaringan imbas kebakaran Fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di Pekanbaru, Riau.

Gangguan tersebut mulai dirasakan masyarakat sejak Selasa sore. Namun, warga masih mengeluhkan jaringan Telkomsel, IndiHome, dan WiFi.id yang tak stabil hingga saat ini.

Salah satu masyarakat Kota Pekanbaru, Septian Risky Saputra kepada CNNIndonesia.com menjelaskan jaringan Telkomsel yang ia gunakan masih tak stabil.


"Sore kemarin mau telepon, bar jaringannya tidak muncul sama sekali. Lalu menjelang malam hari, jaringan mulai muncul satu persatu. Tapi ya, hilang timbul gitu sampai hari ini," ujar Septian, Rabu (12/08).

Pengguna Wifi.id bernama Andi mengeluhkan jaringan yang semula hilang semenjak Selasa malam hingga Rabu pagi.

"Pagi tadi jaringan nya sudah muncul namun nama SSID nya berubah dan tidak terenskripsi lagi," ujar Andi.

Sedangkan untuk pengguna Indihome, jaringan tidak muncul sama sekali.

"Dari sore kemarin jaringan belum ada muncul sampai malam ini," tutur Bobby.

Lewat keterangan resmi, Telkom menyebut hingga saat ini layanan Telkomsel dan IndiHome di Pekanbaru memang belum stabil lantaran pemulihan dilakukan secara bertahap. Padahal Telkomsel lewat keterangan resmi menyebut jaringan sudah pulih 100 persen sejak Selasa (12/8) malam.

"Khusus untuk layanan Telkomsel dan IndiHome area Pekanbaru masih terus diupayakan pemulihannya melalui proses re-engineering jaringan sehubungan dengan terdampaknya perangkat di lokasi STO," jelas Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo, saat dihubungi, Rabu (12/8).

Ganti provider

Bahkan menurut Septian, sejak Selasa malam masyarakat kota Pekanbaru menyerbu konter pulsa untuk mengganti kartu provider.

"Tapi, walaupun sudah ganti provider, karna sudah terbiasa dengan jaringan Telkomsel kecepatan nya tidak sama, jadi perlu membiasakan diri," tambah Septian. 

Terpisah salah satu masyarakat kota Pekanbaru yang berada di Kecamatan Tampan bernama Ryan juga mengalami kesulitan mengisi token listrik di toko ritel.

"Karena gangguan jaringan ini, kami mau isi ulang token listrik di Indomaret jadi tidak bisa sejak Selasa (11/8) malam kemarin. Semoga perbaikan jaringan bisa di percepat supaya bisa normal seperti semula," jelas Ryan.

Warganet ikut berkicau

Warganet juga mengeluhkan hal yang sama. Salah satu akun yang menyampaikan gangguan jaringan Telkomsel adalah @massyam. Dia menyampaikan sinyal di Pekanbaru dan Siak kembali hilang pada pukul 08.12 WIB setelah sempat normal pada Selasa (11/8), pukul 23.00 WIB.

"Thanks Mimin @Telkomsel pukul 23.00 sudah berangsur normal. Namun pagi ini kembali hilang," kicau @massyam.

Sementara itu, akun @aditampans mengaku jaringan telepon seluler dan IndiHome masih terganggu pada pukul 07.48 WIB. Dia mengaku tinggal di wilayah Panam, Pekanbaru, Riau.

"Duh aku kok belum ya, indihome di panam sama jaringan tsel di panam masih ancur," kicau @aditampans.

Di sisi lain, akun @heolsz menyampaikan jaringan internet telepon selurer Telkomsel di Pekanbaru sudah pulih. Akan tetapi, dia menyebut IndoHome yang dikelola Telkomsel belum bisa digunakan hingga pukul 07.10 WIB.

"Selamat pagi @IndiHome  saya di Pekanbaru. Jaringan Telkomsel udah membaik tapi indihome belum. Katanya fail login. Itu gimana ya?," kicau @heolsz.

CNNIndonesia.com sudah menghubungi Telkomsel untuk meminta tanggapan perihal keluhan tersebut, namun belum mendapat respons.

Namun, berdasarkan keterangan akun Twitter Telkomsel, saat ini layanan operator itu berangsur normal, meski Telkomsel menyebut layanan sudah kembali normal 100 persen pada Selasa malam.

"Saat ini layanan di sejumlah wilayah yang sempat terganggu akibat kebakaran di STO Telkom di Pekanbaru berangsur normal kembali. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang sempat pelanggan alami," cuit akun Telkomsel.

Sebelumnya, Fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di Pekanbaru mengalami kebakaran pada Selasa (11/8). Hal itu berdampak pada penurunan kualitas layanan pesan singkat, panggilan telepon, dan internet di sejumlah wilayah di Sumatera.

Hingga kemarin, pihak Telkom belum mengetahui pasti penyebab kebakaran. Pihak internal dikabarkan tengah melakukan investigas untuk memastikan penyebab kebakaran.

(jps/eks)

[Gambas:Video CNN]