Cara Cek Akreditasi Kampus dan Prodi di BAN-PT Online

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 12/01/2021 10:16 WIB
Berikut langkah-langkah serta cara cek akreditasi kampus dan program studi secara online di situs resmi BAN-PT. Berikut langkah-langkah serta cara cek akreditasi kampus dan program studi secara online di situs resmi BAN-PT. (Foto: Tangkapan Layar web banpt.or.id)
Jakarta, CNN Indonesia --

Akreditasi menjadi tolok ukur perguruan tinggi memiliki mutu pendidikan yang baik. Perguruan tinggi yang terakreditasi oleh BAN-PT pasti sudah tidak diragukan lagi kualitas pendidikannya, sehingga kompetensi mahasiswanya pun sesuai dengan standar pendidikan.

Selain itu, fungsi akreditasi kampus dan program studi (prodi) juga diperlukan sebagai syarat umum dalam melamar pekerjaan di institusi pemerintahan seperti pegawai negeri, BUMN, perusahaan swasta, hingga multinasional.

Oleh sebab itu, simak cara cek akreditasi kampus dan program studi di BAN-PT secara online agar urusan yang berkaitan dengan administrasi melamar kerja menjadi lancar.


Cara Cek Akreditasi Kampus Online

akreditasi kampus BANPTFoto: Tangkapan Layar web banpt.or.id
Ilustrasi. Cara Cek Akreditasi Kampus dan Prodi secara online di situs resmi BAN-PT

1. Cara Cek Akreditasi Kampus secara online lewat Komputer, PC, Laptop

  • Masuk ke situs https://www.banpt.or.id/
  • Pilih menu 'Data Akreditasi', lalu klik 'Institusi (terkini)'
  • Setelahnya akan muncul kolom perguruan tinggi
  • Isi kolom kosong tersebut dengan nama perguruan tinggi yang ingin dicari
  • Setelah itu akan keluar hasil akreditasi kampus yang telah Anda masukkan, mulai dari peringkat universitas, nomor SK, tahun SK, wilayah, tanggal dan status kedaluwarsa.

2. Cara Cek Akreditasi Kampus lewat Smartphone

  • Buka situs https://www.banpt.or.id/ pada browser yang tersedia di handphone
  • Pilih ikon hamburger menu (garis tiga) yang terdapat di pojok kanan atas situs
  • Lalu klik menu 'Data Akreditasi'
  • Dari sana selanjutnya, pilih submenu 'Institusi (terkini)'
  • Kemudian masukkan nama kampus atau prodi pada dua kolom di laman situs BAN-PT, sebagaimana langkah-langkah pada versi komputer di atas

Cara Cek Data Akreditasi Kampus

Ilustrasi universitas (TeroVesalainen/Pixabay)Foto: Tero/Vesalainen/Pixabay
Ilustrasi. Cara cek data akreditasi kampus ini menyediakan informasi mendetail seputar riwayat tanggal SK dikeluarkan sampai masa berlakunya habis, hingga masa pembaharuannya.

Cek data akreditasi kampus ini menyediakan informasi mendetail seputar riwayat tanggal SK dikeluarkan sampai masa berlakunya habis, hingga diperbaharui kembali. 

  • Masuk ke situs https://www.banpt.or.id/
  • Pilih menu 'Data Akreditasi', lalu klik 'Institusi (histori)'
  • Setelahnya akan muncul kolom perguruan tinggi dan program studi
  • Isi 2 kolom tersebut
  • Sistem akan memproses dan menunjukkan beberapa kampus pilihan
  • Kemudian pilih perguruan tinggi yang ingin dicari tahu, beserta program studinya
  • Setelah itu akan keluar informasi akreditasi kampus yang telah dimasukkan, meliputi nama perguruan tinggi, akreditasi, tanggal SK, peringkat, dan masa kedaluwarsa

Cara Cek Akreditasi Program Studi secara Online

The collage peoples in the class.Foto: iStockphoto/1001nights
Ilustrasi cara cek akreditasi program studi melalui BAN-PT

Selain mengecek status dan data akreditasi kampus, pada laman yang sama juga terdapat layanan untuk mengecek akreditasi program studi universitas. Berikut cara cek akreditasi prodi atau program studi.

1. Cara Cek Akreditasi Prodi secara online lewat Komputer, PC, Laptop

  • Masuk ke situs https://www.banpt.or.id/
  • Pilih menu 'Data akreditasi', lalu klik 'Program Studi (terkini)'
  • Setelahnya akan muncul kolom perguruan tinggi serta program studi
  • Jika ingin mengecek dan membandingkan akreditasi prodi dengan universitas lain, cukup isi kolom program studi. Misalnya 'Antropologi'
  • Sistem akan memproses data dan memberikan hasil semua universitas yang memiliki jurusan tersebut, lengkap dengan keterangan jenjang/strata, wilayah, No. SK, tahun SK, peringkat, tanggal dan status kedaluwarsa.

2. Cara Cek Akreditasi Prodi lewat Smartphone

  • Buka situs https://www.banpt.or.id/ pada browser yang tersedia di handphone
  • Pilih ikon hamburger menu (garis tiga) yang terdapat di pojok kanan atas situs
  • Lalu klik menu 'Data Akreditasi'
  • Selanjutnya, pilih submenu 'Program Studi (terkini)'
  • Kemudian masukkan nama program studi pada kolom yang tersedia, sebagaimana langkah-langkah pada versi komputer untuk cek akreditasi prodi di atas.

Sebagai informasi, BAN PT merupakan akronim untuk Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Sesuai namanya, lembaga ini punya wewenang untuk menilai, menilik, serta memberi akreditasi sebuah perguruan tinggi dan program studi di sebuah kampus baik negeri maupun swasta menggunakan instrumen akreditasi.

Instrumen akreditasi perguruan tinggi disusun dan dikembangkan dengan mempertimbangkan kekhususan sistem tata kelola perguruan tinggi sesuai perundang-undangan.

Sementara itu, instrument akreditasi program studi disusun dengan mempertimbangkan jenis dan jenjang pendidikan, pembelajaran, dan kekhususan program studi. Adapun kaidah penilaian akreditasi BAN-PT sebagai berikut.

Kaidah Penilaian dan Penyusunan Instrumen

Berdasarkan Peraturan BAN-PT Nomor 4 tahun 2017 tentang Instrumen Akreditasi, ada beberapa kaidah penilaian dan penyusunan instrument, berikut di antaranya:

  1. Penilaian akreditasi diarahkan pada capaian kerja Tridharma perguruan tinggi (Pendidikan dan pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, Pengabdian Kepada Masyarakat), peningkatan daya saing, dan wawasan internasional
  2. Penilaian akreditasi dilakukan secara uji tuntas dan komprehensif. Mencakup pemenuhan terhadap Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Standar Pendidikan Tinggi yang ditetapkan oleh Perguruan Tinggi, dan Peraturan perundang-undangan tentang pengelolaan pendidikan tinggi, serta konformasi (conformance) yang diukur melalui kinerja mutu (performance) dalam konteks akuntabilitas publik.
  3. Penilaian akreditasi mencakup aspek kondisi, kinerja, dan pencapaian mutu akademik dan non-akademik program studi atau institusi perguruan tinggi
  4. Penilaian akreditasi mengukur keefektifan dan konsistensi antara dokumen dan penerapan sistem manajemen mutu perguruan tinggi
  5. Instrumen akreditasi berisi deskriptor dan indikator yang efektif dan efisien serta diyakini bersifat determinan dari setiap elemen penilaian.


Sebelum menjelaskan cara cek akreditasi kampus, berikut adalah instrument akreditasi perguruan tinggi dan program studi yang perlu anda ketahui:

  • Mutu kepemimpinan dan kinerja tata kelola: meliputi integritas visi dan misi, kepemimpinan, tata pamong, sistem manajemen sumber daya, kemitraan strategis, dan sistem penjaminan mutu internal
  • Mutu dan produktivitas iuran: meliputi kualitas lulusan, produk ilmiah, inovasi, serta kebermanfaatan bagi masyarakat
  • Mutu proses: meliputi proses pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan suasana akademik
  • Mutu input: meliputi sumber daya manusia (dosen dan tenaga kependidikan), mahasiswa, kurikulum, sarana dan prasarana, dan keuangan

Universitas akan mengajukan diri untuk diakreditasi terlebih dulu kepada BAN-PT baru bisa dilakukan penilaian. Nilai akreditasi ada empat kategori yakni secara berurutan dari yang terbaik A, B, C, dan NA.

Masa berlaku akreditasi perguruan tinggi untuk semua peringkat akreditasi adalah 5 tahun.

Perguruan tinggi yang tidak terakreditasi atau yang ingin mengajukan reakreditasi dapat menyampaikan usulan untuk diakreditasi kembali setelah melakukan perbaikan-perbaikan berarti paling cepat satu tahun terhitung mulai tanggal diterbitkannya surat keputusan penetapan status terakreditasi/tidak terakreditasi oleh BAN-PT.

Itulah cara cek akreditasi kampus dan program studi di situs BAN-PT yang bisa Anda coba. Jika ternyata kampus Anda tidak ada terdaftar atau terdapat kendala lainnya segera hubungi pihak kampus, sebab mungkin saja sedang dalam masa pembaruan akreditasi.

(fef)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK