Cara Cek NISN Siswa secara Online Terbaru

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 06/01/2021 08:53 WIB
Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) ini berlaku mulai jenjang dasar hingga tinggi. Berikut tips dan cara cek NISN siswa online terbaru di Kemendikbud. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) ini berlaku mulai sekolah dasar hingga jenjang tinggi. Berikut tips dan cara cek NISN siswa online terbaru di Kemendikbud. (Foto: Screenshot via web nisn data kemdikbud.go.id)
Jakarta, CNN Indonesia --

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah serangkaian nomor kode pengenal identitas siswa Indonesia yang bersifat unik, standar, dan berlaku sepanjang masa.

Para siswa mulai dari jenjang pendidikan dasar, menengah, hingga tinggi wajib mengetahui cara cek NISN online. Hal ini guna mempermudah proses pendaftaran pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Melansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud), NISN diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan terdaftar di Kemendikbud.


Cara Cek NISN Siswa secara Online

NISN kemendikbudFoto: referensi.data.kemdikbud.go.id
Cara cek NISN siswa secara online di laman resmi Kemendikbud

Ada 7 tahapan singkat untuk pengguna mengecek nomor NISN siswa secara mandiri melalui situs server data Kemendikbud.

Yang perlu diperhatikan, isi kolom isian dengan data yang valid dan sesuai dengan profil diri pengguna. Setelah yakin, ikuti cara cek NISN siswa secara online berikut ini:

  1. Buka browser dan akses situs di alamat https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/
  2. Pengguna akan dibawa ke homepage pencarian NISN, kemudian lengkapi data dalam kolom isian yang tersedia di sebelah kiri
  3. Isi kolom NISN dengan 10 digit yang dimiliki
  4. Isi nama lengkap ibu kandung pengguna
  5. Ketik kode captcha yang sesuai
  6. Untuk submit, maka klik tombol 'Cari data'
  7. Jika data yang diisikan telah valid, maka tampilan situs akan beralih menampilkan data dan NISN siswa

Selain itu, pengguna juga diberikan opsi lain untuk mencari NISN berdasarkan nama. Hal ini berguna untuk memastikan keabsahan data manakala pengguna lupa nomor NISN miliknya yang terdaftar.

Tips Cek NISN secara Online

Ilustrasi pengguna komputer pangkuTips cek NISN secara online yang overload adalah pastikan tersambung dengan koneksi internet yang stabil dan clear cache browser terlebih dulu (Foto: Barn Images)

Tak jarang situs Kemendikbud ini lemot karena overload atau membeludaknya pengguna yang masuk di saat bersamaan. Biasanya hal ini terjadi ketika menjelang pendaftaran SNMPTN.

Untuk memberikan kelancaran akses, pengguna perlu mengikuti beberapa anjuran berikut ini:

  1. Pastikan pengguna tersambung dengan jaringan internet dengan kecepatan internet yang stabil
  2. Refresh halaman dengan menekan tombol F5 pada keyboard
  3. Melalui Google cached, dengan cara ketik alamat situs di kolom pencarian Google, lalu pilih anak panah ke bawah dan klik 'cached'
  4. Coba lakukan clear cache browser. Atau bisa ganti menggunakan browser lain

Sekali lagi, isikan seluruh isian data dengan valid, sebab hal itu akan mempermudah akses pengguna, sekaligus mempercepat proses pencarian NISN.

  1. Buka browser dan akses situs di alamat https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/Cindex/formcaribynama
  2. Pengguna akan dibawa ke homepage pencarian NISN, silakan isi kolom isian yang tersedia
  3. Isi nama lengkap siswa dengan benar
  4. Isi tempat lahir siswa dengan benar
  5. Isi tanggal lahir siswa dengan benar
  6. Isi nama lengkap ibu kandung pengguna
  7. Ketik kode captcha yang sesuai
  8. Untuk submit, maka klik tombol 'Cari data'
  9. Jika data yang diisikan telah valid, maka tampilan situs akan beralih menampilkan NISN siswa

Tujuan dan Manfaat NISN

Sejumlah siswa mengikuti ujian nasonal berbasis komputer (UNBK) di SMA Negeri 2 Kota Kediri, Jawa Timur, Senin (9/4). Data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan UNBK 2018 tingkat SMA telah diterapkan kepada 1.812.565 pesera didik atau sebanyak 91 persen, sedangkan sisanya masih menggunakan ujian nasional berbasis kertas. ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/aww/18.Tujuan dan manfaat NISN adalah untuk memantau perkembangan riwayat pendidikan siswa (Foto: ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

NISN yang digunakan adalah NISN yang sudah digunakan sebagai alat administrasi dan validasi oleh siswa di sekolahnya.

Oleh sebab itu, para siswa juga perlu mengetahui beberapa tujuan dan manfaat NISN secara online, meliputi:

  1. Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia. Dengan NISN ini bisa dengan mudah memantau perkembangan riwayat pendidikan siswa. Termasuk perubahan data, seperti mutasi, tahun kelulusan, hingga data siswa putus sekolah.
  2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi unit-unit kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah, hingga sekolah yang bersifat standar, terpadu, dan akuntabel berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkini.
  3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan, dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, provinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

Setelah mengetahui cara cek NISN online, maka siswa tak perlu repot-repot datang dan menemui petugas sekolah untuk meminta 10 digit nomor unik ini.

Namun, ada baiknya Anda selalu menyalin atau memotret nomor NISN yang dimiliki guna kebutuhan di masa mendatang apabila situs mengalami error atau tidak dapat diakses sementara waktu.

(khr/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK