Adu Kuat Putri Ma'ruf Vs Ponakan Prabowo di Pilkada Tangsel

CNN Indonesia | Jumat, 04/09/2020 13:59 WIB
Siti Nur Azizah dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo menjadi sorotan dalam Pilwalkot Tangsel 2020 karena merupakan kerabat tokoh nasional. Pasangan Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo menjadi kandidat pilwalkot Tangsel dengan dukungan kursi terbanyak di DPRD (Rachman Haryanto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pilkada Serentak 2020 mulai memasuki tahap pendaftaran bakal pasangan calon pada hari ini Jumat (4/9) hingga Minggu (6/9). Pilkada bakal digelar serentak di 270 daerah, salah satunya Kota Tangerang Selatan.

Pilkada Tangerang Selatan menjadi salah satu sorotan nasional, meski skala pemilihan sebatas pemilihan wali kota. Pasalnya, ada tiga nama kandidat yang memiliki hubungan darah dengan tokoh nasional.

Mereka adalah putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah yang akan berpasangan dengan Ruhamaben. Kemudian, keponakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo yang berpasangan dengan Muhamad.


Ada pula kerabat Ratu Atut Chosiyah, yakni Pilar Saga Ichsan yang akan menjadi calon wakil wali kota berpasangan dengan calon petahana Benyamin Davnie.

Pasangan Siti Nur Azizah-Ruhamaben diusung oleh tiga partai, Demokrat, PKS, dan PKB. Demokrat diketahui memiliki 5 kursi di DPRD Tangsel, sementara PKS 8 kursi, dan PKB 4 kursi. Pasangan ini total mengantongi 17 kursi di DPRD Tangsel.

Di DPRD Tangsel diketahui terdapat 50 anggota dari 7 Fraksi. Artinya, salah satu syarat parpol atau gabungan parpol dapat mengusung paslon paling sedikit 20 persen dari kursi DPRD sudah terpenuhi oleh pasangan ini.

Bakal calon Wali kota Tangsel Siti Nur Azizah yang juga merupakan anak Wapres Ma'ruf Amin menyikapi persoalan sampah yang terjadi di Tangerang Selatan.Putri Wapres Ma'ruf Amin, yakni Siti Nur Azizah maju menjadi calon wali kota Tangerang Selatan dalam Pilkada Serentak 2020 (Timses Siti Nur Azizah)

Demokrat bahkan sudah jauh-jauh hari menyatakan bakal mengusung pasangan ini untuk maju di Pilwalkot Tangsel. Sejak Juli, Demokrat telah memberikan kepastian bakal mengusung Siti Nur Azizah dan Ruhamaben.

"Alhamdulillah Ketua Umum DPP Mas AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) langsung yang memberikan kepada Bu Azizah dan didampingi Pak Ruhama," ujar Wakil Ketua I DPC Partai Demokrat Tangsel, Julham lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Juli lalu.

Pasangan Rahayu Saraswati-Muhammad menjadi pasangan tergemuk yang diusung partai peserta pemilu. Mereka didukung 23 kursi DPRD Tangsel. Pasangan ini didukung oleh PDIP yang memiliki 8 kursi, Gerindra 8 kursi, PSI 4 kursi, PAN 2 kursi, dan Hanura 1 kursi.

Dengan demikian, pasangan Rahayu Saraswati dan Muhammad sudah mengantongi 46 persen jumlah kursi yang berada di DPRD Tangsel, atau hampir separuh partai yang berada di DPRD.

PSI merupakan partai terakhir yang bergabung dalam koalisi ini. Pelaksana tugas Ketua Umum PSI Giring Ganesha mengatakan, partainya memilih pasangan tersebut lantaran komitmennya untuk memajukan daerah Tangsel.

"Dari PSI kita usung Muhamad dan Saras, karena kita melihat komitmen mereka untuk memajukan Tangerang Selatan," kata Giring dalam acara deklarasi dukungan, Kamis (3/9).

Berikutnya, pasangan calon petahana Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan hanya diusung oleh Partai Golkar. Partai beringin kuning itu diketahui merupakan pemenang pemilu di Kota Tangsel.

Jumlah kursi di DPRD pun paling banyak dengan 10 kursi. Dari hasil Pemilu 2019, Golkar diketahui mengantongi 124.467 suara.

(dmi/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK