Saefullah Meninggal, Sandiaga Kehilangan Sosok Man of Action

CNN Indonesia | Rabu, 16/09/2020 18:13 WIB
Sandiaga Uno menyebut almarhum Saefullah sebagai sosok Man of Action. Kata Sandiaga, Saefullah lebih memilih bekerja dalam diam dan menyelesaikan masalah. Sekretaris Daerah Saefullah. (Zhacky/detikcom)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengenang sosok Sekretaris Daerah Saefullah yang telah meninggal akibat terpapar Covid-19 sebagai Man Of Action. 

Kata Sandi, Pria yang kerap disapa Bang Ipul itu adalah sosok Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kerap bekerja dalam diam, tanpa ingin menggembar gemborkan prestasi yang dia capai 

"Saya lihat dia adalah man of action. Orang yang mampu bekerja secara diam-diam, tidak terlalu gembar-gembor. Tidak terlalu mencari istilahnya headline, tapi selalu menyelesaikan masalah," kata Sandi melalui pesan audio yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (16/9).


Hal ini diketahui Sandi saat dirinya berkesempatan bekerja bersama Saefullah selama kurang lebih satu tahun saat menjabat sebagai Wakil Gubernur pada 2017-2018 lalu. 

Sandi mengaku sangat kehilangan sosok Saefullah yang telah banyak membantunya bahkan jauh sebelum sama-sama bekerja di Pemprov DKI. Kata Sandi, perkenalannya dengan Saefullah bukan tergolong baru. 

Bahkan Sandi mengaku telah berurusan dengan Saefullah sejak dirinya maish menjadi pengusaha. 

Kala itu, Sandi memgenalnya sebagai seorang birokrat yang berpengalaman. Bahkan kariernya juga dimulai dari bawah hingga akhirnya bisa menjadi Sekda. 

"Beliau terkenal sebagai birokrat paling berpengalaman, kariernya dari bawah sekali, dari seorang guru, guru SD tepatnya dan beliau terus meningkat kariernya sampai akhirnya ada di jajaran tertinggi dan merupakan ASN tersenior dalam usianya yang cukup muda sebagai Sekda," kata Sandi. 

Sandi juga mengenang masa-masa dirinya kerap bertukar pikiran tentang konsep dan gagasan yang akan diberikan untuk Jakarta kala masih sama-sama bekerja di DKI. Kerap kali kata Sandi, keduanya beradu argumen dan berdiksui panjang hanya untuk sebuah gagasan baru bagi warga Jakarta. 

"Saya banyak sekali berdiskusi dengan beliau, bekerjasama terhadap hal-hal yang sangat pelik sangat rumit," kata dia. 

"Semoga Pak Haji Saefullah inspirasinya menjadi motivasi rekan ASN di Pemprov DKI dan jadi teladan, selamat jalan Pak Haji Saefullah," kata Sandi. 

Sekretaris Daerah DKI Saefullah meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif karena Covid-19.

"Saudara kita, sahabat baik kita, pribadi saleh yang amat baik itu yang selama ini bekerja bersama kita, telah dipanggil pulang ke rahmatullah," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/9).

"Bapak Saefullah wafat pukul 12.55 di RSPAD GS," katanya.

(tst/ugo)

[Gambas:Video CNN]