Banjir DKI, Sampah Batang Pohon Penuhi Pintu Air Manggarai

CNN Indonesia | Selasa, 22/09/2020 16:25 WIB
Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta tercatat 888 meter kubik sampah di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan. Batang pohon memenuhi Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan. Ilustrasi (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji melakukan inspeksi ke Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan setelah sejumlah titik tergenang banjir. Dalam pantauannya, Isnawa menyebut banyak sampah batang pohon di Pintu Air Manggarai.

"Itu bukan ranting tapi batang pohon yang terkumpulkan di Pintu Air Manggarai," kata Isnawa kepada CNNIndonesia.com, Selasa (22/9).

Isnawa mengatakan petugas telah memindahkan sampah-sampah yang terkumpul di Pintu Air Manggarai. Ia memastikan banjir yang terjadi di sejumlah wilayah Jakarta Selatan telah surut.


"Untuk selatan sudah surut, para lurah dan petugas di lapangan kerja sampai dini hari tadi," ujarnya.

Isnawa menyebut ada sejumlah titik di Jakarta Selatan yang sempat tergenang air. Namun, dipastikan tidak ada masyarakat di Jakarta Selatan yang mengungsi.

"Kita di Selatan tidak ada yang mengungsi ya. InsyaAllah akan surut mengingat ini juga sudah terik," katanya.

Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta tercatat 888 meter kubik sampah di Pintu Air Manggarai. Sebanyak, 20 petugas dikerahkan membenahi sampah dan mengoperasikan 20 unit armada serta 3 unit alat berat.

Untuk Pintu Air Season City, Jakarta Barat terdapat 63 meter kubik sampah. Sebanyak, 15 orang petugas yang menggunakan 5 unit armada dan 2 unit alat berat.

Terakhir di Kali Ciliwung, Jembatan Kampung Melayu terdapat 10 orang petugas menggunakan 5 unit armada serta 2 unit alat berat.

Banjir menggenangi Jakarta sejak Senin (21/9) malam hingga Selasa (22/9) pagi tadi. Hujan disebabkan cuaca ekstrem dan intensitas hujan yang tinggi di sekitar wilayah Jakarta seperti Depok dan Bogor.

Data dari BPBD DKI Jakarta hingga pukul 06.00 WIB jumlah pos pengungsian yang tercatat ada 5 titik dengan total pengungsi 104 jiwa. Adapun kawasan yang tergenang ialah sebanyak 63 RT serta ada 23 jalan yang turut tergenang.

(ctr/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK