12 Polisi di Pekalongan Jadi Pasien OTG Covid-19

CNNIndonesia TV, CNN Indonesia | Kamis, 24/09/2020 10:38 WIB
Belasan polisi yang terpapar Covid-19 bertugas di sejumlah wilayah, sehingga tidak menciptakan klaster penularan di Polres Pekalongan Kota. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/SYIFA YULINNAS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 12 anggota polisi yang bertugas di Polres Pekalongan Kota, Jawa Tengah, positif terpapar virus corona (covid-19) dengan status orang tanpa gejala (OTG).

Temuan itu berasal dari hasil pemeriksaan masif melalui pemeriksaan dengan metode polymerase chain reaction (PCR) atau swab terhadap 108 anggota di Polres Pekalongan, Jumat (18/9) lalu. Belasan aparat keamanan itu saat ini menjalani karantina atau isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Sebanyak 12 anggota [positif covid-19] akan kita ikutkan kembali nanti menunggu hasil swab hari Kamis, tentunya 12 tadi isolasi mandiri karena termasuk OTG," kata Wakapolres Pekalongan Kompol Andis Arfan Tofani dikutip dari siaran CNNIndonesia TV, Kamis (24/9).


Andis menyatakan pihaknya bakal bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dalam upaya surveillance serta penelusuran kontak erat terhadap belasan anggotanya yang terpapar.

Ia pun menyebut bahwa belasan kasus itu tidak termasuk klaster baru di Polres Pekalongan karena belasan anggota yang terpapar bertugas di berbagai wilayah. Mereka bukan merupakan anggota kesatuan yang bertugas di satu perkantoran area Polres.

Lebih lanjut, Andis mengatakan bahwa temuan anggota yang positif itu tidak berpengaruh terhadap operasional Pelayanan masyarakat di Polres Pekalongan. 

"Untuk pelayanan terhadap masyarakat tetap berjalan sesuai dengan pelayanan biasa," kata dia.

Kasus Covid-19 di Kota Pekalongan Kota per Rabu (23/9) tercatat 125 kasus positif.

Dari jumlah itu, 68 orang sembuh, kemudian 19 orang menjalani perawatan di Rumah Sakit dan 24 pasien Covid-19 dengan status OTG menjalani isolasi mandiri, sementara 14 diantaranya meninggal dunia.

(khr/wis)

[Gambas:Video CNN]