Pengurus Gerindra 2020-2025, Ada Ahmad Dhani hingga Dahnil

CNN Indonesia | Kamis, 24/09/2020 20:33 WIB
Musisi Ahmad Dhani, Sang Alang, hingga Dahnil Anzar Simanjuntak masuk dalam susunan kepengurusan DPP Gerindra 2020-2025. Pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani diangkat sebagai wakil sekretaris jenderal DPP Gerindra 2020-2025. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepengurusan DPP Partai Gerindra telah disahkan Kementerian Hukum dan HAM (HAM) dalam Surat Keputusan Nomor N.MH-18.HH.11.01/2020 tentang Pengesahan Perubahan AD/ART Partai Gerindra.

Sejumlah nama baru masuk dalam daftar kepengurusan partai yang masih dipimpin Prabowo Subianto.

Berdasarkan salinan daftar pengurus DPP Partai Gerindra periode 2020-2025 yang diterima CNNIndonesia.com, terdapat nama pentolan Dewa 19, Dhani Ahmad Prasetyo alias Ahmad Dhani dan pencipta lagu Ganti Presiden, R. Mardi Hardjono alias Sang Alang. Mereka berdua didapuk sebagai wakil sekretaris jenderal (wasekjen).


Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco membenarkan Ahmad Dhani dan Sang Alang masuk dalam jajaran kepengurusan.

"Iya betul, nama itu (Ahmad Dhani dan Sang Alang) ada," kata Dasco kepada CNNIndonesia.com, Kamis (24/9).

Dasco memastikan susunan kepengurusan partai berlambang kepala burung garuda itu sudah final karena telah disahkan Kemenkumham. Namun, ia belum bisa menyampaikan kepada publik karena para pengurus belum dikukuhkan secara resmi.

"Sudah final karena kan sudah keluar dari Kemenkumham. Cuma belum bisa kita publish, karena kan lucu pengurus belum dikukuhin, orang luar udah tahu duluan," ujarnya.

Selain Dhani dan Sang Alang, muncul nama baru yaitu eks politikus Partai Berkarya, Vasco Ruseimy yang ditunjuk menduduki jabatan Ketua Bidang Pengelolaan Opini Publik dan Dahnil Anzar Simanjuntak yang akan menjabat sebagai Ketua Bidang Organisasi Sayap.

Pada susunan kepengurusan yang baru, Gerindra memiliki Ketua Harian yang dijabat oleh Sufmi Dasco Ahmad. Dasco juga merupakan salah satu wakil ketua umum Gerindra.

Terdapat juga posisi wakil ketua harian Gerindra yang dijabat Waketum Sugiono. sekretaris jenderal masih dijabat oleh Ahmad Muzani, sementara bendahara umum Gerindra dijabat oleh Thomas Djiwandono.

Dalam kepengurusan baru ini, Gerindra akan memiliki 12 wakil ketua umum.

Mereka adalah Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi, Kaderisasi, Keanggotaan dan Pemenangan Pemilu, Sufmi Dasco Ahmad; Wakil Ketua Umum Bidang Luar Negeri, Fadli Zon; Wakil Ketua Umum Bidang Ideologi, Politik, Pemerintahan, Disiplin Partai dan Informasi Strategis, Sugiono.

Kemudian Wakil Ketua Umum Bidang Ekonomi dan Lingkungan Hidup, Edhy Prabowo; Wakil Ketua Umum Bidang Pertahanan dan Keamanan, Mayjen TNI (Purn) Musa Bangun; Wakil Ketua Umum Bidang Pemberdayaan Potensi Jaringan, Koperasi dan UKM, Ferry Juliantono; serta Wakil Ketua Umum Bidang Kesehatan dan Ketenagakerjaan, Putih Sari.

Selain itu, Wakil Ketua Umum Bidang Pemuda, Perempuan dan Anak, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo; Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan Advokasi, Habiburokhman; Wakil Ketua Umum Bidang Pengabdian Masyarakat dan Kesejahteraan Rakyat, Sumarjati Arjoso; Wakil Ketua Umum Bidang Pendidikan dan Infrastruktur, Susi Marleny Bachsin; dan Wakil Ketua Umum Bidang Agama, Muhammad Irfan Yusuf (Gus Irfan Yusuf Hasyim).

Jumlah anggota kepengurusan Gerindra terbaru antara lain, dewan pembina berjumlah 89 orang, dewan penasihat berjumlah 48 orang, dewan pakar berjumlah 43 orang, dan dewan pimpinan pusat berjumlah 292 orang.

Dari jumlah tersebut pengurus laki-laki ada sebanyak 194 orang atau 66,44 persen, sedangkan pengurus perempuan berjumlah sebanyak 98 orang atau 33,56 persen.

Untuk dewan pembina Gerindra, posisi ketua masih dijabat Prabowo Subianto. Pengurus yang masuk dalam jajaran dewan pembina antara lain, Rahmawati Soekarnoputri, Hashim Suyono Djojohadikusumo, Sandiaga Salahudin Uno, Ahmad Muzani.

Selanjutnya, Sufmi Dasco Ahmad, Edhie Prabowo, Fadli Zon, Desmon Djunaedi Mahesa, Thomas Aquinas Muliatna Djiwandono, dan Angki Retno Djudianti Djokosantoso. Mereka menduduki posisi wakil ketua dewan pembina.

Sementera sekretaris dewan pembina dijabatan Sugiono dan sekretaris dewan pembina diemban Prasetyo Hadi.

(mts/fra)

[Gambas:Video CNN]