Kasus Covid Tinggi, Satgas Usul Aceh Masuk Provinsi Prioritas

CNN Indonesia | Senin, 28/09/2020 18:13 WIB
Satgas Penanganan Covid-19 mengusulkan Aceh dan Bali masuk provinsi prioritas penanganan covid-19 karena kasus positif yang melonjak. Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengusulkan Aceh dan Bali masuk ke provinsi prioritas penanganan virus corona (covid-19). Doni mengatakan, kasus harian covid-19 di dua provinsi tersebut terus meningkat.

"Kami usulkan tambahan dua provinsi yaitu Bali dan Aceh karena peningkatan tinggi sehingga total ada 10 provinsi prioritas," ujar Doni dalam konferesni pers di akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (28/9).

Sebelumnya Presiden Joko Widodo telah meminta prioritas penanganan covid-19 di delapan provinsi. Seiring berjalannya waktu, provinsi yang menjadi prioritas penanganan bertambah menjadi sembilan di bawah komando Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.


Adapun delapan provinsi lainnya yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Doni mengatakan, pemerintah akan melakukan langkah-langkah lebih ketat terkait sosialisasi kampanye perubahan perilaku berupa menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak di 10 provinsi tersebut.

Kepala BNPB itu juga menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo terkait kepatuhan protokol kesehatan di transportasi publik seperti truk maupun bus.

"Nanti ada kerja sama Mabes Polri dengan organisasi angkutan untuk memasang protokol kesehatan di seluruh transportasi umum," katanya.

Jokowi sebelumnya telah memerintahkan Luhut dan Doni menurunkan kasus covid-19 di sembilan provinsi dalam waktu dua pekan.

Mantan wali kota Solo itu meminta jumlah kasus harian dan angka kematian dapat ditekan, sementara angka kesembuhan meningkat.

Dari data 27 September 2020, kasus positif covid-19 di Aceh mencapai 4.246. Jumlah ini melonjak drastis sejak Juli lalu yang 'hanya' puluhan.

Sementara kasus positif covid-19 di Bali juga terus bertambah yakni 8.532 per 27 September.

(psp/pris)

[Gambas:Video CNN]