Dua Wisatawan Asal Jakarta di Labuan Bajo Positif Covid

CNN Indonesia | Rabu, 30/09/2020 20:11 WIB
Dua wisatawan asal Jakarta di di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) terkonfirmasi positif. Ilustrasi. Bandara Komodo. (CNN Indonesia/Safyra Primadhyta)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dua wisatawan domestik asal Jakarta yang tengah berlibur di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), terkonfirmasi positif terinfeksi Virus Corona. Selain itu, seorang wisatawan mancanegara asal Malaysia juga dinyatakan reaktif Covid-19.

Sementara, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan mengunjungi lokasi wisata ini besok, Kamis (1/10).

Ketiga wisatawan ini tengah menjalani karantina mandiri di rumah isolasi yang disediakan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Mereka juga disebut dalam kondisi sehat dan tidak bergejala atau OTG.


"Mereka ini dua wisatawan domestik, terus ada satu lagi wisatawan luar negeri, tapi dia reaktif [hasil] rapid [test] dan hasil swabnya masih menunggu," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat Yohanes Johan saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (30/9).

Berdasarkan riwayat pemeriksaannya, dua wisatawan domestik asal ibu kota ini menjalani rapid test secara mandiri di Rumah Sakit umum Daerah (RSUD) Komodo pada 3 September. Saat dinyatakan reaktif Covid-19, mereka berdua dibawa ke rumah isolasi Pemkab.

Pada 6 September, keduanya mereka menjalani pemeriksaan dengan metode polymerase chain reaction (PCR) atau swab. Empat hari kemudian, hasil swab keluar dengan hasil positif Covid-19, Mereka kembali menjalani swab pada 23 September dan belum diketahui hasilnya.

"Untuk dua wisatawan domestik itu alamatnya dari Jakarta, tapi perjalanan dari Bali terus baru ke Labuan Bajo," kata dia.

Sementara, WNA asal negeri jiran diketahui reaktif Covid-19 pada 19 September. Ia kemudian menjalani pemeriksaan swab pada 23 September dan masih menunggu hasilnya.

Yohanes menegaskan WNA tersebut dilarang kembali ke Malaysia sebelum hasil swabnya diketahui negatif.

"Jadi kami masih menunggu hasil swab kedua untuk dua orang, dan hasil swab pertama untuk seorang," jelas dia.

Lebih lanjut, pihaknya sejauh ini juga telah melakukan upaya penelusuran kontak erat dari tiga wisatawan ini. Salah satunya kepada pegawai hotel dimana mereka bertiga menginap. Namun, usai dilakukan rapid test massal, tidak ditemukan pegawai yang dinyatakan reaktif Covid-19.

Yohanes juga mengaku pihaknya telah melakukan pemeriksaan massal kepada tenaga kesehatan dan sejumlah warga. Sebab, perkembangan kasus positif di Kabupaten Manggarai Barat per Selasa (29/9) menunjukkan 61 orang positif Virus Corona, 16 orang di antaranya masih menjalani proses perawatan, dan 45 orang lainnya dinyatakan pulih.

Infografis 10 Persiapan Wisata Era New Normal(CNN Indonesia/Fajrian)

Terkait jadwal kedatangan Jokowi ke Labuan Bajo, Kamis (1/10), Yohanes menyebut pihaknya ikut mempersiapkan pengamanan kesehatan.

"Informasi yang kami terima benar begitu [Jokowi ke Labuan Bajo], dan hasil rapat dengan tim kesehatan kepresidenan, kami hanya mempersiapkan hal emergency seperti pengamanan kesehatan di bandara," kata Yohanes.

Terpisah, Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah NTT Marius Ardu Jelamu menyebut Jokowi bersama sejumlah menteri dijadwalkan tiba di Labuan Bajo pada Kamis (1/10) pukul 13.00 WITA.

Presiden, katanya, melakukan peninjauan kegiatan proyek yang sedang berjalan di Labuan Bajo, seperti pembangunan proyek Puncak Waringin, Pusat Ekonomi Kreatif, Gua Batu Cermin.

Selain itu, Pelabuhan Marina dan kegiatan lokasi pertemuan G-20, serta mengikuti pemaparan tentang proyek pembangunan perpanjangan Bandara Udara Komodo.

Sesuai standar kesehatan pencegahan Covid-19, para pejabat yang mendampingi Presiden Jokowi, seperti Gubernur NTT dan Bupati Manggarai Barat, wajib menjalani tes swab.

"Sesuai agenda bapak Presiden hanya melakukan kunjungan kerja satu hari di Labuan Bajo. Setelah melakukan peninjauan sejumlah proyek itu bapak Presiden langsung kembali ke Jakarta," kata Marius, dikutip dari Antara.

(khr/Antara/arh)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK