Gibran Gembira Sandiaga Bantu Kampanye di Solo

CNN Indonesia | Jumat, 02/10/2020 15:19 WIB
Gibran Rakabuming menganggap Sandiaga Uno adalah seniornya yang telah sukses sebagai pengusaha. Putra Presiden Jokowi yang juga cawalkot Solo, Gibran Rakabuming Raka gembira ketika tahu Sandiaga Uno akan membantunya kampanye (CNN Indonesia/ Safir Makki)
Solo, CNN Indonesia --

Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka mengaku senang ketika tahu Wakil Ketua Umum Gerindra Sandiaga Uno akan membantu mengampanyekan dirinya di Pilkada Kota Solo. Gibran menganggap Sandiaga sebagai seniornya yang telah sukses.

Diketahui, Gibran maju sebagai calon wali kota Solo berpasangan dengan kader PDIP Teguh Prakosa. Mereka akan melawan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (BaJo) yang maju lewat jalur independen.

"Ya saya sangat senang sekali," kata Gibran di Solo, Jumat (2/10).


Meski Sandiaga belum turun langsung berkampanye, Gibran sudah mengaku gembira ketika mendapat informasi mengenai hal itu. Dia menganggap Sandiaga sebagai seniornya yang telah sukses menjadi pengusaha.

"Beliau kan senior saya, pengusaha sukses dan saya yakin nanti bisa membuat kampanye di Solo semakin marak, semakin bisa disambut dengan suka cita oleh masyarakat Solo," katanya.

Selain Sandiaga, beberapa nama besar seperti Megawati, Puan Maharani, Hasto Kristianto, Maruarar Sirait, hingga Bambang Wuryanto juga didaulat menjadi jurkam Gibran di Solo. 

Terkait teknis kampanye, Gibran mengatakan tokoh-tokoh nasional tersebut kemungkinan besar akan berkampanye secara daring. Pasalnya, KPU telah melarang kampanye rapat umum yang melibatkan orang banyak. Peserta pilkada akan memaksimalkan teknik kampanye secara blusukan dan kampanye secara virtual.

"Tidak mungkin Bu Mega dan Bang Sandi kita datangkan ke kampung-kampung. Kampanye akbar di lapangan juga sudah tidak boleh. Semua harus beradaptasi secara daring," katanya.

Cawapres 02 Sandiaga Uno usai mencukur rambut di Pangkas Rambut Ko Tan, Glodok, Jakarta, Senin, 29 April 2019. CNNIndonesia/Safir Makki Mantan calon wakil presiden Sandiaga Uno bakal membantu Gibran Rakabuming di Pilkada Kota Solo (CNN Indonesia/Safir Makki)

Ketua DPC Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno mengatakan Sandiaga kemungkinan besar akan membantu Gibran lewat kampanye virtual. Keputusan Sandiaga membantu Gibran di Solo juga merupakan kebijakan Gerindra tingkat pusat.

"Seperti kita ketahui, Ketua Umum kami Pak Prabowo Subianto sangat dekat dengan Ketua Umum PDIP Ibu Megawati Soekarnoputri. Bang Sandi sendiri juga sangat dekat dengan Pak Jokowi," kata Ardianto.

Ardianto mengatakan peran Sandiaga akan sangat berpengaruh terhadap popularitas Gibran nanti. Terlebih, Sandiaga dan Gibran sama-sama tokoh yang peduli dengan sektor UMKM.

"Jadi kalau bicara UMKM, Bang Sandi sama mas Gibran sudah pas sekali," katanya.

Sandiaga sendiri termasuk salah satu tokoh yang cukup populer di Kota Solo. Sebelum terjun sebagai politisi, Sandi sering berkunjung ke Solo untuk memenuhi undangan kelompok-kelompok pengusaha Kota Bengawan. Apalagi saat mencalonkan diri sebagai Wakil Presiden 2019 lalu, Solo termasuk salah satu kota yang sering ia kunjungi.

(syd/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK