Viral di Medsos, Pembuang Sampah di Kalimalang Serahkan Diri

CNN Indonesia | Kamis, 22/10/2020 18:15 WIB
Pelaku mengaku kepada polisi bahwa sampah yang dibuangnya ke Kalimalang, merupakan sampah rumah tangga. Kalimalang, Bekasi. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelaku yang diduga membuang sampah di Kalimalang, Kabupaten Bekasi menyerahkan diri, Kamis (22/10). Pelaku yang identitasnya dirahasiakan tersebut menyerahkan diri usai kelakuannya viral di media sosial.

"Bukan ketangkep, dia menyerahkan diri," kata Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan saat dihubungi, Kamis (22/10).

Hendra menuturkan saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan. Termasuk untuk mengungkap motifnya membuang sampah di Kalimalang.


Namun diungkapkan Hendra, berdasarkan pengakuan pelaku, sampah yang dibuang tersebut adalah sampah rumah tangga. Hendra menyampaikan pihaknya telah memanggil pihak Satpol PP untuk nantinya menindaklanjuti perkara tersebut.

"Karena pelanggarannya peraturan daerah, nanti untuk tindak lanjut tindakan pelanggaran itu ditindak Satpol PP, di situ ada tipiring, tindak pidana ringan, itu domainnya Satpol PP," tuturnya.

Aksi dugaan pembuangan sampah ke Kalimalang itu terekam dalam sebuah video dan viral di media sosial. Salah satunya diunggah akun Twitter @txtdrbekasi.

Dalam video itu tampak seseorang tiga kali membuang sesuatu dalam plastik sampah besar (trash bag) warna hitam ke sungai tersebut.

Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi AKBP Dwi Prasetya menyampaikan bahwa pihaknya masih menyelidiki apakah ada pelanggaran hukum dalam peristiwa tersebut.

"Kita kan cari pelanggarannya apa dulu, ini kan apakah itu masuk pidana, kalau masuk pidana di lingkungan hidup kan kalau mengandung limbah B3, itu kan kita belum tahu," tutur dia, saat dihubungi.

(dis/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK