Pemprov DKI Siap Tampung Tips Hadapi Banjir dari Risma

CNN Indonesia | Jumat, 23/10/2020 21:10 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya menampung semua masukan terkait penanganan banjir. Ilustrasi banjir di DKI Jakarta (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya menerima masukan dari semua pihak dalam mengatasi banjir di ibu kota. Termasuk dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Diketahui, DPRD DKI Jakarta berkunjung ke Pemkot Surabaya dan meminta masukan terkait penanganan banjir di ibu kota.

"Termasuk juga developer yang aktif membangun Jakarta, kemudian para akademisi perguruan tinggi, pakar, para ahli. Yang terpenting dari semua, butuh dukungan dari masyarakat juga," kata Riza, Jumat (23/10).


Riza sendiri mengaku belum mendapat laporan hasil kunjungan DPRD DKI Jakarta ke Pemkot Surabaya. Dia belum tahu masukan apa saja yang diperoleh terkait penanganan banjir.

"Kan baru kemarin ya yang ke Surabaya jadi kami belum terima laporannya, dalam beberapa hari ke depan kita akan terima," kata Riza.

Sejauh ini, kata Riza, penanganan banjir dilakukan dengan pengerukan sungai, waduk, embung, selokan serta lorong yang diwujudkan dalam program gerebek lumpur. DKI juga melakukan revitalisasi dan optimalisasi pompa.

"Kami juga membebaskan lahan untuk pengendalian banjir dan membuat sumur resapan, drainase vertikal, membuat sodetan sodetan, mengatur pintu air," beber dia.

Tak hanya itu, DKI Jakarta juga menyusun buku panduan untuk mempersiapkan tempat pengungsian di masa pandemi. Aturan ini dianggap penting sehingga dapat menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

"Karena di masa pandemi ini diperlukan protokol kesehatan yang ketat, di antaranya siapkan tempat pengungsian yang lebih luas, lebih banyak," kata Riza.

"Jadi semuanya sudah kita siapkan termasuk Pak Gubernur sudah minta jajaran siapkan early warning system dan termasuk alat ukur curah hujan," sambung dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD DKI Zita Anjani menjelaskan ada sejumlah tips yang disampaikan Risma dalam menangani banjir.

Beberapa di antaranya ialah memperhatikan daerah tangkapan (catchment area), kolaborasi warga dan pemerintah serta memperhatikan aliran air sungai sehingga dapat meresap ke tanah secara alami.

(ctr/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK