Sepekan Operasional KRL Normal, Penumpang Meningkat 5 Persen

CNN Indonesia | Senin, 26/10/2020 13:56 WIB
Sepekan jadwal operasional KRL berangsur normal, jumlah penumpang di beberapa stasiun mengalami lonjakan. Di antaranya Stasiun Bogor, Citayam dan Tangerang. Ilustrasi. Penumpang KRL di tengah pandemi virus corona. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalismaa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jumlah penumpang kereta rel listrik (KRL) Commuterline meningkat seiring jadwal operasional kembali normal. Tercatat, jumlah penumpang KRL naik 5 persen pada Senin (26/10).

VP Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Anne Purba mengatakan, meski persentase penumpang naik tapi kondisi seluruh stasiun cenderung lancar dan kondusif.


"Hingga pukul 08.00 WIB tercatat jumlah pengguna KRL sebanyak 112.956 orang. Secara keseluruhan pengguna naik 5 persen dibanding Senin pekan lalu," kata Anne dalam keterangan tertulis, Senin (26/10).

Anne merinci, sejumlah stasiun mengalami kenaikan jumlah penumpang. Beberapa di antaranya Stasiun Bogor 9.348 pengguna atau naik 23 persen dibanding waktu yang sama pekan lalu, Stasiun Citayam 8.241 pengguna atau naik 11 persen, dan Stasiun Tangerang 3.095 pengguna atau naik 8 persen.

Kendati demikian, Anne menyebut ada beberapa stasiun yang justru mengalami penurunan jumlah penumpang, yakni Stasiun Parungpanjang 4.386 atau turun 7 persen dari pekan lalu.

"Meskipun ada kenaikan, situasi di stasiun pada pagi hari ini relatif kondusif dengan antrean dan penyekatan yang diatur oleh petugas agar physical distancing diantara para pengguna tetap terjaga," papar dia.

Dengan jam operasional dan frekuensi perjalanan yang telah dinormalkan kembali, PT KCI berharap para pengguna dapat mengatur perjalanan dengan lebih fleksibel seraya tetap memiliki kesadaran untuk tidak naik ke dalam kereta yang padat penumpang.

Anne menegaskan, meski jam operasional KRL kembali normal, seluruh protokol kesehatan dan aturan tambahan dalam menggunakan KRL tetap berlaku. Aturan-aturan tambahan ini yakni, bagi lanjut usia atau berusia 60 tahun ke atas hanya dapat menggunakan KRL di luar jam sibuk pukul 10.00 hingga 14.00 WIB.

Infografis Yang Harus Ada di Tas untuk Mencegah Corona

Kemudian, para pengguna yang membawa barang sesuai ketentuan namun ukurannya dapat mengganggu penerapan jaga jarak aman di KRL juga hanya dapat naik di luar jam sibuk. Sedangkan anak balita untuk sementara masih dilarang untuk naik KRL.

"Protokol kesehatan 3M juga senantiasa wajib dijalankan oleh para pengguna maupun petugas kami di stasiun maupun di dalam KRL. Aturan ini penting untuk selalu diikuti demi kesehatan bersama," jelas Anne.

Seperti diketahui, mulai Senin pekan lalu, PT KCI kembali memberlakukan jam operasional secara normal. KRL kembali beroperasi mulai pukul 04.00-24.00 WIB dengan menjalankan 993 perjalanan KRL per hari.

(dmi/NMA)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK