Demo Tolak Omnibus Law, Polisi Amankan Orang Mencurigakan

CNN Indonesia | Rabu, 28/10/2020 16:53 WIB
Polisi mengamankan sejumlah orang dalam aksi demonstrasi menolak Omnibus Law Cipta Kerja di Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat. Demo tolak Omnibus Law di Patung Kuda. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto mengatakan pihaknya telah mengamankan sejumlah orang dalam aksi demonstrasi menolak Omnibus Law Cipta Kerja di Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (28/10). 

"Ada beberapa yang kita amankan, kita curigai tidak ada kelompok atau mungkin bukan mahasiswa, bukan pelajar juga, akan kita sisihkan. Mudah-mudahan dengan kita sweeping ini barang-barang berbahaya semuanya akan kita amankan," kata Heru di Patung Kuda, Rabu (28/10). 

Heru tidak menjelaskan secara rinci berapa orang yang diamankan itu. Ia hanya bilang, sejauh ini, situasi demo menolak Omnibus Law di Patung Kuda berjalan dengan kondusif. 


"Buruh sudah kembali dari kelompok LEM (Federasi Serikat Pekerja Logam Elektronik Mesin) ini tinggal dari mahasiswa dan organisasi kepemudaan," ujar dia. 

Lebih lanjut, Heru menyatakan selain melakukan pengamanan di Patung Kuda, pihaknya juga menyiagakan personel di Tugu Proklamasi, sebab di wilayah itu juga dilakukan aksi oleh buruh dan mahasiswa. 

"Di Tugu Proklamasi ada buruh dan mahasiswa, sekitar 100 sampai 150 demonstran dan sampai sekarang masih kondusif juga," kata dia. 

Aksi turun ke jalan yang dilakukan buruh dan mahasiswa pada hari ini diketahui adalah kesekian kalinya usai DPR dan Pemerintah mengesahkan Omnibus Law Cipta Kerja. 

Selain di Jakarta, aksi penolakan terhadap Omnibus Law juga terjadi di beberapa daerah. Tidak jarang, aksi demonstrasi tersebut berakhir ricuh. 

(yoa/dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK