Libur Maulid Nabi, Sejumlah Daerah Berpotensi Hujan Lebat

CNN Indonesia | Kamis, 29/10/2020 08:06 WIB
MKG memperkirakan dini potensi hujan lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi di sejumlah daerah di Indonesia pada Kamis (29/10). Foto ilustrasi hujan. (Istockphoto/FeelPic)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi di sejumlah daerah di Indonesia pada Kamis (29/10), bertepatan dengan libur Maulid Nabi Muhammad SAW.

Sejumlah daerah diperkirakan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat atau petir.

Berikut sejumlah daerah yang mendapatkan peringatan dini dari BMKG.


Aceh

Waspada potensi hujan lebat disertai angin kencang terjadi di wilayah Aceh Tenggara, Pidie Jaya, Cot Girek, Aceh Tamiang, Lamgsa dan sekitarnya. Waspada tinggi gelombang mencapai 2,5-3 meter untuk wilayah perairan barat selatan, Selat Malaka bagian utara, Samudera Hindia barat Aceh, dan sekitarnya.

Riau

Waspada hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Riau bagian Pesisir Timut, Barat, dan Selatan pada sore atau malam hari.

Sumatera Utara

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan badai petir di wilayah Lereng Timur, Pantai Timur, Lereng Barat Pantai Barat dan pegunungan Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

Sumatera Selatan

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang hingga malam hari di wilayah OKU Selatan, Muara Enim, Lahat, Pagar Alam, Empat Lawang, Musi Rawas, dan Musi Rawas Utara.

Bengkulu

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang hingga malam hari di wilayah Kab. Mukomuko, Bengkulu Utara, Lebong, Rejang lebong, Kepahiang, bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Seluma, Bengkulu Selatan, dan Kaur. Waspada potensi gelombang tinggi di wilayah perairan Enggano dan Perairan Samudera Hindia Barat Bengkulu.

Lampung

Waspada potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Lampung Bara, Pesisir Barat, Way Kanan, Lampung Utara pada siang dan sore hari, serta wilayah Pesisir Barat pada malam hari.

Banten

Waspada potensi gelombang tinggi di Perairan Selatan banten, Samudera Hindia Selatan Banten, dan Selat Sunda bagian Selatan.

DKI Jakarta

Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang dan sore hari.

Jawa Barat


Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir pada sore hingga menjelang malam hari di wilayah Kab dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab Sukabumi, Kab Cianjur, Kab dan Kota Bekasi, Kab Karawang, Kab Purwakarta, Kab Subang, Kab Bandung, Kab Bandung Barat, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab Sumedang, Kab Garut, Kab Tasikmalaya, Kab Ciamis, Kab Banjar, dan Kab Pangandaran.

Jawa Timur
Waspada hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang-sore hari i wilayah Kab Malang, Batu, Kab Probolinggo, Lumajang, dan Bondowoso.

Bali

Waspada potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat di wilayah Jembrana dan Tabanan serta tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter di Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian selatan, dan Samudera Hindia Selatan Bali.

Nusa Tenggara Barat

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu, dan Bima pada siang hingga malam hari serta waspadai tinggi gelombang yang mencapai 2 meter di Selat Lombok bag. Selatan, Selat Alas bag. Utara dan Selatan, dan Samudera Hindia.

Nusa Tenggara Timur

Waspada potensi kebakaran lahan di wilayah NTT. Waspada hujan disertai petir dan angin kencang di wilayah Manggarai, Sumba Barat Daya, Sumba Barat, TTU, TTS, Kab Kupang, Alor.

Kalimantan Barat

Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai guntur/petir dan angin kencang berdurasi singkat di sebagian besar wilayah Kab/Kota di Kalimantan Barat.

Kalimantan Selatan

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang, sore dan dini hari di wilayah Kota/Kab Barito Kuala, Banjar, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Kotabaru dan sekitarnya.

Kalimantan Tengah

Waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang dihampir seluruh wilayah Kalimantan Tengah.

Kalimantan Timur

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang sesaat di wilayah Melak, Long Apari, Long Bagun, dan Laham.

Sulawesi Barat

Waspada potensi hujan dengan intesitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kab Polewali Mandar dan Majene pada malam hari.

Sulawesi Selatan

Moderate Sea (Gel 1.25-2.5 m) terjadi di Selat Makassar bagian selatan, Perairan Spermonde Makassar bagian barat, Perairan Sabalana, Perairat Kep Selayar, Teluk Bone bagian Selatan, dan Laut Flores bagian utara.

Sulawesi Utara

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Manado, Bitung, Tomohon, Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Bolomong, dan Bolmong Utara.

Gorontalo

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang hingga sore hari di wilayah Suwawa dan sekitarnya.

Maluku Utara
Waspada potensi hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang di wilayah Tobelo, Morotai, Galela, dan Kao pada siang dan sore hari.

Papua
Berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Jagebob.

(bac/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK