Arus Balik Libur Panjang, Satu Arah Berlaku di Puncak Bogor

CNN Indonesia | Sabtu, 31/10/2020 19:44 WIB
Polisi bakal memberlakukan sistem satu arah atau one way di Jalur Puncak, Bogor, Minggu (1/11), pada pukul 12.30 hingga 18.00 WIB. Polisi bakal memberlakukan sistem satu arah atau one way di Jalur Puncak, Bogor, Minggu (1/11), pada pukul 12.30 hingga 18.00 WIB. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepolisian bakal memberlakukan sistem satu arah atau one way di Jalur Puncak, Bogor, Minggu (1/11). Kebijakan itu diambil untuk mengantisipasi kepadatan arus balik kendaraan yang pulang dari Puncak setelah libur panjang.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fitra Zuanda mengatakan pemberlakuan sistem satu arah akan mulai diberlakukan sejak pukul 12.30 WIB.

"Kita mulai 12.30 setelah salat zuhur, pas waktu check out hotel juga," kata Fitra saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Sabtu (31/10).


Fitra mengatakan untuk pemberlakuan sistem satu arah besok akan mulai diberlakukan dari arah Puncak menuju Jakarta. Sistem satu arah akan diberlakukan dari pukul 12.30 WIB sampai sekitar pukul 18.00 WIB.

"Kalau Minggu itu agak lama, karena puncaknya arus balik, volume kendaraan pasti padat yang pulang, pasti (diberlakukan sampai) sekitar di atas jam 6 sore," tuturnya.

Kawasan Puncak, Bogor, dipadati pengunjung kala libur panjang sejak 28 Oktober kemarin.

Pemerintah sebelumnya menetapkan tanggal 28 dan 30 Oktober sebagai hari cuti bersama. Ketentuan itu diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2020 tentang Cuti Bersama Pegawai Aparatur Sipil Negara yang diteken oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

Tanggal 28 dan 29 Oktober jatuh pada hari Rabu dan Kamis. Itu artinya pada Jumat 30 Oktober akan menjadi hari terjepit jelang akhir pekan. Dengan begitu masyarakat bakal merasakan momentum lima hari libur panjang.

Momentum libur panjang itu diprediksi akan menyuburkan lonjakan kasus positif Covid-19 di Indonesia. Dari pengalaman dua kali cuti bersama, peningkatan kasus Covid-19 valid terjadi. 

(dmi/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK