PILKADA TANGSEL

Survei RSRC: Petahana Tangsel Tertinggi, Putri Ma'ruf Meroket

CNN Indonesia | Jumat, 20/11/2020 20:03 WIB
Elektabilitas cawalkot Tangerang Selatan Benyamin Davnie paling tinggi namun cenderung melambat, sementara Siti Nur Azizah mengalami lonjakan elektabilitas. Putri Wapres Ma'ruf Amin yang juga calon wali kota Pilkada Tangsel, Siti Nur Azizah mengalami lonjakan elektabilitas paling tinggi dibanding calon lainnya (Timses Siti Nur Azizah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hasil survei Romeo Strategic Research & consulting (RSRC) menyatakan elektabilitas Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan tertinggi di Pilkada Kota Tangerang Selatan dengan meraih 28, 7 persen. Namun tren secara umum cenderung mengalami pelambatan.

Di posisi 2 dan 3 ada pasangan calon Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo dengan 20,9 persen dan Siti Nur Azizah-Ruhamaben sebanyak 17 persen. 

Direktur Eksekutif RSRC, Khoirul Umam menyatakan peningkatan elektabilitas tertinggi dialami paslon Azizah-Ruhama dalam 8 bulan terakhir.


"Jika kita bandingkan dengan dengan start elektabilitas pada fase penjaringan di bulan Maret, justru yang mengalami peningkatan signifikan adalah Azizah dan Ruhamaben," kata Umam di Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (20/11).

Umam mengatakan Muhamad mengalami lonjakan elektabilitas dari 6 menjadi 20,9 persen, dan Benyamin-Pilar Saga dari 16 menjadi 28,7 persen. Sementara itu, Azizah-Ruhama mengalami lonjakan dari 1,5 menjadi 17 persen.

"Saya menduga, elektabilitas dari Benyamin dan Pilar Saga mengalami pelambatan, untuk tidak mengatakan stagnasi," ujar Umam.

Umam menduga pelambatan itu terjadi karena pemilih royal Benyamin-Pilar telah mencapai titik puncak. Dengan demikian, elektabilitas Benyamin-Pilar Saga tidak akan meningkat lagi.

Berbeda halnya dengan Muhamad-Sara dan Azizah-Ruhamaben. Menurutnya, angka elektabilitas mereka masih berpotensi meningkat dalam sisa tiga pekan terakhir hingga pencoblosan pada 9 Desember mendatang.

"Maka bisa jadi kemungkinan perubahan yang paling signifikan dilakukan Nur Azizah melompat di level dua atau bahkan melampaui capaian nomor satu," katanya.

Survei dilakukan sepanjang 3-6 November dengan melibatkan 400 responden dari 7 kecamatan memakai metode multistage random sampling. Margin of error kurang lebih 5 persen.

Di Pilkada Tangsel, ada tiga pasangan calon yang bertarung. Mereka adalah Benyamin Davnie-Pilar Saga, Muhamad-Rahayu Saraswati dan Siti Nur Azizah-Ruhamaben.

Benyamin Davnie merupakan calon petahana yang saat ini menjabat wakil wali kota Tangsel. Sementara Rahayu Saraswati adalah ponakan dari Prabowo Subianto dan Siti Nur Azizah merupakan putri dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

(thr/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK