PILKADA TANGSEL

Survei: Petahana Kuat Lawan Ponakan Prabowo-Putri Ma'ruf

CNN Indonesia | Jumat, 20/11/2020 23:42 WIB
Rahayu Saraswati dan Siti Nur Azizah masih memiliki elektabilitas yang lebih sedikit dibanding calon petahana Benyamin Davnie di Pilkada Tangsel. Elektabilitas ponakan Prabowo Subianto, Rahahyu Saraswati (kiri) dan putri Wapres Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah masih kalah dibanding paslon petahana di Pilkada Tangsel (Rachman Haryanto/ detikcom dan Timses Siti Nur Azizah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lembaga survei politik Romeo Strategic Research & consulting (RSRC) menyatakan elektabilitas pasangan calon petahana Pilkada Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan memiliki elektabilitas tertinggi. Mereka juga jadi pasangan yang paling disukai warga setempat.

Di aspek elektabilitas, Benyamin-Pilar 28,7 persen. Diikuti Muhamad-Rahayu Saraswati 20,9 persen dan Siti Nur Azizah-Ruhamaben 17 persen.

Kemudian, survei juga menyatakan Benyamin menjadi calon wali kota Tangsel paling disukai dengan persentase mencapai 59 persen. Sementara wakilnya, Pilar Saga Ichsan, menjadi calon wakil wali kota paling disukai dengan 51 persen.


Kemudian di urutan ketiga, ada nama Muhamad dengan tingkat ketersukaan mencapai 52 persen. Disusul ponakan Ratu Atut, yakni Pilar Saga dengan 51 persen, Siti Nur Azizah 47 persen, Ruhamaben sebanyak 44 persen dan Rahayu Saraswati 43 persen.

"Ada insentif yang perlu ditingkatkan, yang kurang optimal yaitu dari Rahayu selaku wakil wali kota dari pasangan Muhamad," ujar Direktur Eksekutif RSRC, Khoirul Umam saat merilis surveinya di bilangan Serpong, Tangsel, Jumat (20/11).

Survei dilakukan sepanjang 3-6 November dengan melibatkan 400 responden dari 7 kecamatan memakai metode multistage random sampling. Margin of error kurang lebih 5 persen.

Di Pilkada Tangsel, ada tiga pasangan calon yang bertarung. Mereka adalah Benyamin Davnie-Pilar Saga, Muhamad-Rahayu Saraswati dan Siti Nur Azizah-Ruhamaben.

Benyamin Davnie merupakan calon petahana yang saat ini menjabat wakil wali kota Tangsel. Sementara Rahayu Saraswati adalah ponakan dari Prabowo Subianto dan Siti Nur Azizah merupakan putri dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

(thr/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK