Jubir Wapres Sebut Ma'ruf Belum Ada Rencana Bertemu Rizieq

CNN Indonesia | Sabtu, 21/11/2020 18:40 WIB
Jubir menyebut Wakil Presiden Ma'ruf Amin belum berencana bertemu dengan pemimpin FPI Rizieq Shihab usai kembali ke Indonesia. Jubir Wapres menyebut Ma'ruf Amin belum berencana bertemu Rizieq Shihab. (Foto: CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi mengklarifikasi pernyataannya ihwal wacana pertemuan Wapres Ma'ruf Amin dengan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Hal ini sekaligus mengklarifikasi pernyataan sebelumnya yang menyatakan Ma'ruf membuka peluang untuk bertemu dengan Rizieq.

Masduki mengatakan sampai saat ini Ma'ruf belum ada rencana untuk bertemu Rizieq.


"Sampai saat ini, wapres belum memiliki rencana atau agenda untuk bertemu dengan HRS," kata Masduki dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (21/11).

Masduki juga mengatakan bahwa Ma'ruf belum pernah mengeluarkan pernyataan ataupun berinisiatif untuk bertemu dengan Rizieq.

Ia mengatakan munculnya wacana pertemuan Ma'ruf dan Rizieq beberapa waktu lalu semata merupakan respons spontan yang ia lontarkan sebagai jubir wapres. Masduki mengaku mendapat pertanyaan dari media perihal ide pertemuan antara Ma'ruf dan Rizieq.

"Dengan demikian, berita Wapres siap bertemu HRS mesti diluruskan," ungkap Masduki.

Sebelumnya muncul gagasan pertemuan Ma'ruf dan Rizieq untuk membahas persoalan bangsa. Keduanya sama-sama tokoh ulama yang disegani di Indonesia.

Masduki menyebut Ma'ruf terbuka melakukan pertemuan dengan Rizieq. Rencana itu pun didukung sejumlah tokoh termasuk dari Majelis Ulama Indonesia dan pentolan PKS Hidayat Nur Wahid.

FPI pun terbuka dengan gagasan tersebut lantaran menilai selama ini Rizieq disebut tak pernah memiliki persoalan dengan Ma'ruf.

Hubungan keduanya diklaim sudah terjalin lama sejak Pilkada DKI Jakarta 2017.

Ma'ruf yang kala itu berstatus sebagai Ketum MUI mengeluarkan fatwa MUI tentang kasus eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam kasus penistaan agama.

(dmi/psp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK