Timses Tanggapi Elektabilitas Putri Ma'ruf Rendah di Tangsel

CNN Indonesia | Minggu, 22/11/2020 01:15 WIB
Timses tanggapi tingkat elektabilitas putri Ma'aruf Amin yang jadi terendah di antara kandidat lain di Pilkada Tangerang Selatan. Siti Nur Azizah (Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Juru Bicara putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan, Diska Putri Pamungkas tak mau ambil pusing meski jagoannya mendapat elektabilitas paling rendah menurut survey terakhir dari Romeo Strategic Research and Consulting (RSRC).

Menurut Diska, Siti Nur Azizah-Ruhamaben sebagai Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Tangsel nomor urut dua, masih memiliki kemungkinan untuk memenangi kontestasi demokrasi di Tangsel.

"Survei RSRC memperlihatkan sejumlah potret pemilih dalam fase akhir masa kampanye Pilkada Tangerang Selatan...masih banyak kemungkinan bagi Siti Nurazizah - Ruhamaben untuk memenangkan Pilkada Tangsel ini," kata dia dalam keterangannya kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (22/11).


Rilis survey RSRC pada Jumat (21/11) mencatat elektabilitas Azizah-Ruhama hanya berada di angka 17 persen. Angka itu lebih rendah dibanding Muhamad-Rahayu Saraswati dengan 20,9 persen, atau Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan yang paling tinggi dengan 28,7 persen.

Diska menilai angka elektabilitas tersebut bukan hasil terakhir. Ia mengaku masih optimis jumlahnya masih akan terus melonjak dalam sisa kurang dari dua minggu menjelang hari pencoblosan pada 9 Desember mendatang.

Terlebih, kata dia, RSRC juga mencatat bahwa Azizah-Ruhama mengalami lonjakan elektabilitas cukup signifikan dalam delapan bulan terakhir sejak masa penjaringan pada Maret. Lonjakan elektabilitas Nur Azizah berada di angka 15,5 persen, lebih tinggi dibanding Muhamad-Rahayu yang hanya 14,9 perse, lalu Benyamin-Pilar yang paling rendah dengan 12,7 persen.

"Survei RSRC menunjukkan bahwa diantara ketiga pasangan calon, paslon Nurazizah-Ruhamaben menjadi paslon dengan lompatan elektabilitas tertinggi, mencapai 15.5%, sedangkan paslon lain relatif stagnan," katanya.

Selain itu, Diska juga masih cukup lega sebab masih menurut survei RSRC, 60 persen warga Tangsel disebut menginginkan perubahan atau berganti pemimpin. Di antara ketiga paslon, hanya Azizah-Ruhama yang tak memiliki latar belakang relasi polisi politik di Tangsel.

Muhamad, calon wali kota Tangsel nomor urut 1, adalah mantan Sekretaris Daerah (Sekda) sejak 2017. Sementara, Paslon nomor urut 3, Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan adalah wakil petahana dan bagian dari dinasti politik Banten.

"Jika saat ini hasil survei RSRC menunjukkan paslon Siti Nurazizah-Ruhamaben mendapatkan dukungan sekitar 17%, maka ini menjadi lecutan untuk terus mengerahkan upaya agar mendapatkan suara mayoritas di hari pencoblosan," katanya.

(thr/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK