KJRI Jeddah: 74 Jemaah Umrah Indonesia Tiba di Arab Saudi

CNN Indonesia | Senin, 23/11/2020 13:46 WIB
Rombongan jemaah umrah asal Indonesia diberangkat lagi setelah Pemerintah Arab Saudi mengaktifkan kembali visa umrah. Sebanyak 74 orang jemaah umrah Indonesia kembali tiba di Arab Saudi. Ilustrasi (Saudi Ministry of Hajj and Umrah via AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 74 orang jemaah umrah asal Indonesia yang masuk kloter 4 sudah tiba di Arab Saudi pada Senin (23/11) waktu setempat. Mereka berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Minggu (22/11).

Konsul Haji Konsulat jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah, Endang Jumali mengatakan sebanyak 74 orang calon jemaah umrah itu diberangkatkan oleh 17 Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

"Sudah tiba 74 orang. Dari 17 PPIU dengan Pesawat Saudi Arabian Airlines SV 817," kata Endang kepada CNNIndonesia.com, Senin (23/11).


Endang menyebut para jemaah langsung diantarkan menuju Kota Makkah untuk menjalani karantina selama 3 hari sesuai protokol kesehatan. Setelah karantina, para jemaah akan menjalani tes swab kembali sebagai syarat menjalani ibadah umrah di Masjidil Haram.

"Yang negatif langsung melaksanakan umrah," ujar Endang.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi sendiri sempat mengunggah video kedatangan para jemaah asal Indonesia di akun media sosial Twitter resminya seperti dikutip CNNIndonesia.com, Senin (23/11).

"Kedatangan rombongan jemaah haji dari negara Indonesia dan Pakistan di Bandara Internasional King Abdulaziz di tengah implementasi tindakan pencegahan [virus corona]. Mereka akan menjalani isolasi kesehatan yang aman selama jangka waktu 3 hari sebelum melaksanakan umrah. Kami berdoa Allah SWT menerima ibadah mereka," cuit akun @Hajministry

Sebelumnya, Kementerian Agama mencatat terdapat 359 jemaah umrah Indonesia yang melaksanakan ibadah umrah ke Arab Saudi dalam tiga gelombang keberangkatan, yakni pada 1, 3, dan 8 November 2020 lalu.

Dari jumlah itu, 13 orang terkonfirmasi positif virus corona saat tiba di Saudi.

Arab Saudi sendiri sudah mengizinkan para calon jemaah yang berasal dari luar negeri untuk melaksanakan ibadah umrah di tengah pandemi per 1 November 2020 lalu. Keputusan itu dibuat usai Saudi menutup penyelenggaraan umrah sejak Februari 2020.

(rzr/fra)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK