TPU Pondok Ranggon Penuh, Hanya Terima Makam Tumpang

Tim, CNN Indonesia | Senin, 30/11/2020 21:14 WIB
TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur, dinyatakan penuh bagi jenazah muslim. Kini TPU itu hanya melayani pemakaman tumpang jasad. Petugas penggali makam jenazah Covid-19 menurunkan peti ke liang lahat di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Jakarta, CNN Indonesia --

Taman Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Jakarta Timur, dinyatakan penuh bagi jenazah muslim sejak 8 November 2020. TPU khusus jenazah pasien Covid-19 itu kini hanya melayani makam tumpang jasad.

Penanggung Jawab Pelaksana Pemakaman Covid-19 di TPU Pondok Ranggon, Muhaimin mengatakan pihak Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta tidak lagi merujuk jenazah muslim ke TPU tersebut, kecuali dengan pelayanan pemakaman tumpang.

"Di Pondok Ranggon sekarang yang muslim hanya melayani pemakaman tumpang. Kalau non-muslim masih ada sekitar 60-an lokasi lagi," kata Muhaimin kepada CNN Indonesia TV Mufhti Akbar melalui pesan singkat, Senin (30/1).


Menurutnya, setiap hari terdapat satu atau dua jenazah muslim yang dimakamkan secara ditumpangkan di satu liang kubur. Proses pemakaman itu bisa dilakukan asalkan lokasinya memenuhi syarat.

Dia menjelaskan beberapa persyaratan pemakaman tumpang itu, di antaranya disetujui oleh keluarga makam sebelumnya, memiliki izin penggunaan tanah makam (IPTM) yang akan ditumpang.

Selain itu, lubang galian untuk peti mati sesuai protap Covid-19 berukuran lebar satu meter dan panjang 2,40 meter.

"Misal ada makam di TPU Menteng Pulo kemudian ada keluarga yang meninggal dan harus dimakamkan dengan protap Covid-19, selama lokasi memadai dan layak untuk ditumpang, bisa dilayani pemakaman tumpang namun proses pemakaman dengan protap Covid-19," katanya.

Petugas penggali makam jenazah COVID-19 bersiap menurunkan peti di komplek pemakaman Pondok Ranggon. ANTARA FOTO/Muhammad AdimajaPetugas penggali makam jenazah Covid-19 bersiap menurunkan peti di TPU Pondok Ranggon. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Muhaimin menjelaskan sesuai ketentuan perda tentang pemakaman, setelah 36 bulan makam boleh ditumpang. Namun, menurutnya, ada kebijakan baru atas seizin Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, bahwa dengan ketentuan setelah 12 bulan, makam diperbolehkan untuk ditumpang.

"Dengan catatan jenazah terdahulu tidak memiliki riwayat penyakit menular," ujarnya.

Kasus positif Covid-19 di Indonesia kini bertambah4.617 orang pada Senin (30/11). Dengan bertambahnya kasus tersebut membuat total kasus positif Covid-19 mencapai538.883 orang.

DKI Jakarta masih menjadi provinsi dengan jumlah kumulatif kasus positif terbanyak. Kemudian Jawa Tengah menyumbang kasus aktif Covid-19 tertinggi di seluruh Indonesia. Sedangkan Jawa Timur merupakan provinsi dengan angka kematian Covid-19 terbanyak.

(pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK