DPR Gelar Uji Kepatutan & Kelayakan Calon Anggota KY Hari Ini

CNN Indonesia | Selasa, 01/12/2020 06:52 WIB
Calon anggota Komisi Yudisial bakal mengikuti uji kepatutan dan kelayakan berupa sesi wawancara dengan komisi III DPR, Selasa (1/12) hari ini. Ilustrasi. Gedung Komisi Yudisial. (Foto: CNN Indonesia/Djonet Sugiarto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi III DPR RI bakal menggelar uji kepatutan dan kelayakan terhadap tujuh calon anggota Komisi Yudisial (KY) hari ini, Selasa (1/12).

Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery mengatakan, uji kelayakan dan kepatutan tersebut berupa sesi wawancara.

Menurutnya selama proses wawancara berlangsung, calon anggota KY yang tidak sedang mengikuti wawancara tidak diperkenankan melihat pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan calon lainnya.


"Sesi Wawancara uji kelayakan dan kepatutan Calon Anggota KY dilaksanakan berdasarkan daftar nomor urut yang telah ditentukan tersebut. Sesi wawancara akan dilaksanakan pada Selasa, 1 Desember 2020," kata Herman dalam keterangan yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (30/11).

Lebih lanjut, dia menerangkan, seluruh proses uji kelayakan dan kepatutan anggota KY akan dilaksanakan dalam rapat pleno khusus Komisi III DPR RI yang bersifat terbuka. Tujuannya, menerapkan prinsip transparansi dan akuntabilitas.

Menurut Herman, Komisi III DPR juga mewajibkan seluruh calon anggota KY membuat makalah dengan tema atau judul yang telah ditentukan.

Tema yang diberikan itu menurutnya seputar fungsi KY dalam hal relasi kelembagaan dengan Mahkamah Agung dan fungsi KY dalam mengimplementasikan makna independensi dan akuntabilitas terhadap putusan hakim.

"Alokasi waktu uji kelayakan dan kepatutan masing-masing calon anggota KY paling lama adalah 60 menit, termasuk 10 menit awal yang digunakan untuk menyampaikan pokok-pokok makalah," ujar dia.

Herman menambahkan, persetujuan dan penetapan terhadap tujuh calon anggota KY akan dilakukan dengan cara musyawarah mufakat atau pemungutan suara oleh anggota Komisi III DPR RI.

Politikus PDI Perjuangan itu berkata, panitia seleksi menargetkan bakal menyampaikan hasil uji kelayakan dan kepatutan anggota KY sebelum memasuki masa reses, Jumat (11/12).

Diketahui, panitia seleksi tetap mengadakan seleksi meski di tengah masa pandemi virus corona. Selama seleksi, tim pansel juga turut menelusuri rekam jejak para calon.

Sementara demi memastikan keamanan dan pencegahan penularan virus selama proses berlangsung, tim juga berkoordinasi dengan petugas di gugus tugas Covid-19 di daerah-daerah.

(mts/nma/NMA)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK