Rizieq Kini Minta Warga Hindari Kerumunan

CNN Indonesia | Rabu, 02/12/2020 11:15 WIB
Petinggi FPI Rizieq Shihab sempat beberapa kali berada di kerumunan massa. Kini dia meminta warga untuk menghindarinya. Petinggi FPI Rizieq Shihab kini meminta masyarakat menghindari kerumunan di tengah pandemi virus corona (AP/Achmad Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Petinggi Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab kini meminta masyarakat mematuhi protokol kesehatan pencegahan virus corona (Covid-19) dengan menghindari kerumunan massa. Termasuk kerumunan acara keagamaan seperti Maulid Nabi Muhammad SAW.

Sebelumnya, Rizieq pernah berada dalam kerumunan massa saat menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di bilangan Tebet, Jakarta Selatan.

"Hindari kerumunan apa saja. Kerumunan pilkada, haul, maulid, kita dukung (hindari kerumunan)," katanya dalam Dialog Nasional yang dihelat Persaudaraan Alumni 212, Rabu (2/12).


Rizieq mengamini dirinya sendiri sempat berada dalam kerumunan beberapa kali sejak tiba di Indonesia. Misalnya di Bandara Soekarno-Hatta, Petamburan dan Megamendung, Bogor.

Dia meminta maaf atas hal tersebut dan mengimbau masyarakat untuk menjauhi kerumunan. Rizieq sendiri mengaku saat ini tidak boleh banyak menjalani kegiatan atas saran rumah sakit.

Diketahui, Rizieq sempat berobat ke RS Ummi di Bogor. FPI mengklaim Rizieq hanya cek kesehatan, bukan karena positif terinfeksi virus corona.

"Saya masih dalam observasi dan menjaga kesehatan saya atas saran tim medis," katanya.

Di kesempatan yang sama, Rizieq mendoakan agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lekas sembuh dan bisa kembali bekerja seperti biasanya. Dia juga mendoakan kepala daerah lain agar selalu diberikan kesehatan.

Sebelumnya, Anies mengumumkan dirinya positif terinfeksi virus corona pada Selasa (1/12). Dia kini menjalani isolasi mandiri namun tetap memimpin rapat secara virtual.

"Dan untuk Pak Anies cepat sehat dan Pak Wagubnya agar beliau segera tugas kembali seperti biasa," kata Rizieq.

Diketahui, Rizieq sempat terlibat dalam kerumunan massa sejak tiba di Indonesia dari Arab Saudi beberapa waktu lalu.

Pertama, saat massa simpatisan Rizieq menyambut kedatangannya di Bandara Soekarno-Hatta dan di rumahnya di Petamburan, Jakarta Pusat.

Kemudian, dia berada dalam kerumunan massa saat bertolak ke Megamendung, Bogor untuk meresmikan peletakan batu pertama pembangunan masjid. Rizieq juga berada dalam kerumunan massa saat menggelar acara pernikahan putrinya di Petamburan.

Kerumunan yang terakhir disebutkan kini tengah diusut oleh kepolisian. Rizieq diundang sebagai saksi untuk memberikan keterangan pada Selasa (1/12), tetapi tidak hadir.

(rzr/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK