Bandung Zona Merah, Oded Minta Warga Jangan Keluar Kota

CNN Indonesia | Rabu, 02/12/2020 16:53 WIB
Forkopimda Bandung bakal menggelar rapat esok, merespons status Kota Bandung kembali jadi zona merah. Rapat juga membahas kebijakan terkait libur tahun baru. Jembatan layang Pasupati, salah satu ikon kota Bandung, Jawa Barat. (CNN Indonesia/Huyogo)
Bandung, CNN Indonesia --

Wali Kota Bandung Oded M Danial yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung, Jawa Barat, mengimbau seluruh warga memiliki prioritas kegiatan. Warga diminta tidak ke luar kota, setelah Kota Bandung kembali menyandang status zona merah penularan virus corona.

"Kalau tidak urgent atau tidak penting sekali lebih baik untuk menahan diri. Sehingga bisa mengurangi interaksi," ujar Oded dalam keterangan resminya pada Selasa (1/12).

Oded juga meminta warganya meningkatkan kewaspadaan dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, setelah


"Saat ini Kota Bandung sudah memasuki zona merah. Saya mengimbau warga untuk lebih waspada. Jangan anggap sepele karena Covid-19 masih ada di tengah-tengah kita," kata Oded.

Belum diketahui, apakah imbauan tersebut akan pula diiringi penyekatan mobilitas warga di perbatasan Kota Bandung. Pasalnya segala penanganan itu disebutkan baru akan dibahas besok.

Sebagai informasi, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bakal membahas penanganan terkait level kewaspadaan di Kota Bandung yang Kembali memasuki zona merah. Rapat yang juga salah satu bahasannya terkait penanganan saat libur natal dan tahun baru tersebut akan digelar di Balai Kota Bandung, Kamis (3/12).

Di sisi lain, Oded juga berharap, warga dari luar kota tidak datang ke Kota Bandung jika tidak memiliki kepentingan yang mendesak. Sebaiknya bisa mempertimbangkan urgensi keperluannya untuk datang ke Kota Bandung.

"Buat yang datang dari luar Kota Bandung juga diharapkan mempertimbangkan matang-matang. Kalau memang tidak terlalu penting, jangan memaksakan diri," katanya.

Sebelumnya Pemerintah Kota Bandung memastikan level kewaspadaan penyebaran infeksi virus corona (Covid-19) di wilayah ini berubah dari zona oranye atau risiko sedang ke zona merah atau risiko tinggi. Kota Bandung sendiri kembali ke zona merah sejak Senin (30/11).

Informasi naiknya level kewaspadaan tersebut dibenarkan Koordinator Bidang Perencanaan, Data, Kajian dan Analisis Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung, Ahyani Raksanagara.

"Ya (benar). Rt di angka 0,80," tutur Ahyani melalui pesan singkat, Selasa (1/12).

Selain Oded, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga mengimbau wisatawan untuk menunda liburan ke Bandung karena kawasan tersebut saat ini masuk dalam zona merah atau risiko tinggi penyebaran Covid-19.

"Para wisatawan sebaiknya tidak berkunjung dahulu minggu ini ke Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) dikarenakan sedang berstatus zona merah," tulis Emil di Instagram resminya, Selasa (1/12).

Menurutnya, dua daerah tersebut sedang berbenah dalam pengendalian Covid-19 pascalibur panjang akhir Oktober lalu.

(hyg/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK