H-2 Pilkada Serentak 2020, 9 Desember Libur Nasional

CNN Indonesia
Senin, 07 Dec 2020 14:22 WIB
Pilkada 2020 akan digelar serentak di 270 pemilihan pada Rabu (9/12). Presiden Jokowi resmi menetapkan 9 Desember 2020 sebagai hari libur nasional. Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menerima 500 kotak suara Pilkada daerah Depok, Jawa Barat, dari gudang KPU Kota Depok di Kecamatan Pancoran Mas Depok. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pilkada 2020 akan digelar serentak di 270 pemilihan pada Rabu (9/12). Tercatat sebanyak 100.359.152 pemilih di 309 kabupaten/kota akan terlibat dalam pilkada kali ini.

Presiden Joko Widodo resmi menetapkan 9 Desember 2020 sebagai hari libur nasional. Penetapan itu dilakukan sesuai Keputusan Presiden nomor 22 Tahun 2020 yang ditandatangani oleh Jokowi dan ditetapkan pada 27 November lalu.

"Menetapkan hari Rabu tanggal 9 Desember 2O2O sebagai hari libur nasional dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Wali Kota secara serentak," demikian kutipan Keppres yang diakses CNNIndonesia.com dari situs JDIH Sekretariat Negara


Salah satu pertimbangan pemerintah menjadikan 9 Desember sebagai hari libur nasional agar warga bisa menggunakan hak pilihnya.

Kemudian, bila merujuk pada Pasal 84 ayat (3) UU nomor 1 Tahun 2015 sebagaimana diubah dengan UU nomor 6 Tahun 2020, maka hari pemungutan suara harus dilakukan pada hari libur atau hari yang diliburkan.

Sementara itu, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengaku tidak akan melakukan penambahan gerbong ataupun pembatasan penumpang kereta rel listrik (KRL). Selain itu, tidak ada perubahan jadwal pemberangkatan. PT KCI, tetap mengoperasikan sebanyak 997 perjalanan KRL per harinya dengan waktu operasional mulai pukul 04.00 WIB-24.00 WIB.

"Tidak ada perubahan jadwal, dan protokol tetap dijalankan ketat," kata VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Senin (7/12).

Anne menjelaskan meskipun 9 Desember nantinya KRL tetap beroperasi secara normal, namun seluruh protokol kesehatan dan aturan tambahan dalam menggunakan KRL tetap berlaku.

Aturan-aturan tambahan ini yaitu bagi orang lanjut usia atau berusia 60 tahun ke atas setiap harinya hanya dapat menggunakan KRL di luar jam sibuk yaitu pukul 10.00 hingga 14.00 WIB.

Selanjutnya, Anne juga mengimbau penumpang membawa perlengkapan tambahan saat hendak keluar rumah antara lain jas hujan atau payung, dan gunakan sepatu yang tidak licin, mengingat saat ini musim hujan.

"Protokol kesehatan 3M juga senantiasa wajib dijalankan oleh para pengguna maupun petugas kami di stasiun maupun di dalam KRL. Aturan ini penting untuk selalu diikuti demi kesehatan bersama," katanya.

(khr/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER