LIVE REPORT

Feri Agus
Feri Agus

CNN Indonesia

Rabu, 09/12/2020 08:39 WIB

LIVE REPORT: Pilkada Serentak 2020

Simak jalannya pemungutan suara Pilkada Serentak 2020 di berbagai daerah bersama CNNIndonesia.com.

Simak jalannya pemungutan suara Pilkada Serentak 2020 di berbagai daerah bersama CNNIndonesia.com. 

  • 09 Dec 21:22

    Gus Ipul Klaim Menang di Pilkada Pasuruan

    Calon Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul mengklaim unggul dari lawannya, Raharto Teno Prasetyo-M Hasjim Asjari di Pilkada 2020. Mantan wakil gubernur Jawa Timur itu unggul dengan persentase 68,07 persen, sedangkan lawannya hanya meraih 31,93 persen.

    Hasil hitung cepat pilkada di sejumlah daerah lainnya juga sudah selesai. Seperti di Kota Medan, Kota Tangerang Selatan, Kota Solo, Kota Surabaya, hingga Kota Makassar. Hasil survei daerah lain bisa lihat di sini.

    Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf menunjukkan jari usai melakukan pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS) 3 di Gayungan, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (27/6). Pilgub Jawa Timur diikuti dua pasangan calon cagub-cawagub, yaitu nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak, dan pasangan calon nomor urut 2 Syaifullah Yusuf - Puti Guntur Soekarno  dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 30.155.719 pemilih. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/ama/18Calon Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul mengklaim unggul dari lawannya, Raharto Teno Prasetyo-M Hasjim Asjari di Pilkada 2020. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/ama/18
  • 09 Dec 21:05

    Quick Count, Denny Indrayana Kalah dari Petahan di Pilkada Kalsel

    Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan Denny Indrayana-Difriadi belum mampu unggul dari pasangan petahana Sahbirin Noor-Muhidin dalam hitung cepat atau quick count Charta Politika. Denny-Difri hanya mampu meraih 49,69 persen, sementara duet Sahbirin-Muhidin unggul tipis di angka 50,31 persen.

    Hasil lengkap hitung cepat Pilkada 2020 dapat dilihat di sini.

    Tim kuasa hukum BPN Prabowo-Sandi Denny Indrayana saat diskusi Nalar Konstitusi Progresif Vs Nalar Kalkulator di Media Center Prabowo-Sandi. Jakarta, Selasa, 25 Juni 2019. CNN Indonesia/Andry NovelinoCalon Gubernur Kalimantan Selatan Denny Indrayana kalah dari calon petahana berdasarkan hasil hitung cepat Pilkada 2020. CNN Indonesia/Andry Novelino
  • 09 Dec 20:52

    Ponakan SBY Klaim Menang Pilkada Pacitan

    Keponakan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Indrata Nur Bayu Aji mengklaim menang telak berdasarkan hasil hitung cepat di Pilkada Pacitan 2020, Rabu (9/12). Indrata yang maju bersama Gagarin mengklaim telah mengantongi 74,88 persen suara, sementara lawannya Yudi Sumbogo-Isyah Ansori hanya meraup 25,12 persen.

    Hasil hitung cepat pilkada di sejumlah daerah lainnya juga sudah selesai. Seperti di Kota Medan, Kota Tangerang Selatan, Kota Solo, Kota Surabaya, hingga Kota Makassar. Hasil survei daerah lain bisa lihat di sini.

  • 09 Dec 20:35

    Benyamin Siap Jalankan Program Ponakan Prabowo dan Putri Ma'aruf Amin

    Calon Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) nomor urut 3, Benyamin Davnie meminta izin kepada pasangan Muhamad-Rahayu Saraswati dan Siti Azizah-Ruhamaben untuk menjalankan gagasan dan program kerja mereka masing-masing.

    Berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) sejumlah lembaga survei, Benyamin yang berpasangan dengan Pilar Saga Ichsan unggul sementara dari pasangan Muhamad-Rahayu dan Siti Azizah-Ruhamaben.

    Calon Wali Kota Tangerang Selatan nomer urut tiga Benyamin Davnie (kiri) beserta istri menunjukan surat suara saat menggunakan hak pilihnya di TPS 16 Lengkong Karya, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (9/12/2020). Sebanyak 976.019 orang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilkada Kota Tangerang Selatan 2020 yang diikuti tiga pasang calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan yakni nomor urut satu Muhammad - Rahayu Saraswati, nomor urut dua Azizah - Ruhamaben dan nomor urut tiga Benyamin Davnie - Pilar Saga Ikhsan. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj.Calon Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie (kiri) siap menjalankan program kerja dari para rivalnya Muhamad-Rahayu Saraswati dan Siti Azizah-Ruhamaben. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj.
  • 09 Dec 20:21

    Jagoan PKS Unggul Sementara di Pilkada Sumbar

    Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy unggul sementara dari tiga lawannya di Pilkada 2020 berdasarkan hitung cepat (quick count) lembaga survei Poltracking.

    Dari hitung cepat Poltracking dengan suara masuk 87,60 persen, Mahyeldi-Audy unggul dengan perolehan 32,78 persen. Sementara pasangan lainnya, Nasrul Abit-Indra Catri meraih 30,84 persen suara, Mulyadi-Ali Mukni mendapat 26,53 persen suara, dan Fakhrizal-Genius Umar meraup 9,85 persen suara.

    Sejumlah lembaga survei juga telah menyelesaikan hitung cepat di beberapa daerah. Hasil survei lainnya bisa dilihat di sini.

    Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah datang ke lokasi kampanye akbar untuk memberi dukungan kepada Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, di Pantai Cimpago, Padang, Sumatera Barat. CNN Indonesia/Andry NovelinoCalon gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah unggul sementara berdasarkan hitung cepat di Pilkada 2020. CNN Indonesia/Andry Novelino

  • 09 Dec 19:58

    Kapolri Sebut Pilkada 2020 Berjalan Kondusif

    Kapolri Jenderal Idham Azis menyatakan gelaran Pilkada 2020 di 270 daerah berjalan dengan aman, lancar dan kondusif. Idham menyebut seluruh pihak mampu mencegah terjadinya berbagai gangguan keamanan dalam kontestasi politik eletoral lima tahunan tersebut.

    Kapolri Jenderal Pol Idham Azis saat rilis akhir tahun Polri. Jakarta, Sabtu, 28 Desember 2019. CNNIndonesia/Adhi Wicaksono.Kapolri Jenderal Idham Azis memastikan gelaran Pilkada 2020 berjalan aman, lancar, dan kondusif. CNNIndonesia/Adhi Wicaksono.
  • 09 Dec 19:30

    KPU Hitung Suara Pilkada 2020 Lewat Sirekap

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai mengolah data rekapitulasi elektronik Pilkada 2020 lewat Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) di laman pilkada2020.kpu.go.id. Sirekap adalah produk baru KPU untuk mengetahui hasil rekapitulasi di berbagai daerah secara cepat. Data yang disajikan merupakan hasil rekapitulasi di TPS yang diunggah KPPS lewat aplikasi Sirekap di ponsel.

    Sementara beberapa lembaga survei juga telah menyelesaikan perhitungan cepat (quick count) pilkada di sejumlah daerah seperti Medan, Tangerang Selatan, Solo, hingga Makassar. Hasil hitung cepat bisa lihat di sini.

  • 09 Dec 19:08

    Anak dan Mantu Jokowi Menang Hitung Cepat di Pilkada

    Anak dan menantu Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution menang berdasarkan hasil hitung cepat di daerahnya masing-masing. Gibran unggul di Pilkada Solo, sementara Bobby unggul di Pilkada Medan. Hasil hitung cepat sejumlah daerah di Pilkada 2020 dapat dilihat di sini.

    Presiden Joko Widodo (kiri) menggandeng cucu Jan Ethes (kedu kiri) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo (ketiga kanan), putra Gibran Rakabuming Raka (kanan) dan istri Selvi Ananda (kedua kanan), putri Kahiyang Ayu (tengah) bersama suami Bobby Nasution serta cucu Sedah Mirah berjalan di kawasan Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/12). Dalam kegiatan tersebut, presiden bersama keluarga menyusuri kawasan Istana Bogor, Kebun Raya Bogor serta melakukan bincang media bersama wartawan kepresidenan. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/hp.Anak dan menantu Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution menang berdasarkan hasil hitung cepat di Pilkada Solo dan Pilkada Medan. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/hp.
  • 09 Dec 18:45

    Idris Unggul Sementara dari Jagoan PDIP-Gerindra di Depok

    Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Depok Mohammad Idris-Imam Budi Hartono unggul sementara dari lawannya Pradi Supriatna-Afifah Alia di Pilkada 2020. Idris-Imam diusung PKS, Demokrat, dan PPP. Sedangkan pasangan Pradi-Afifah diusung PDI-P, Gerindra, Golkar, PAN, PKB, dan PSI.

    Merujuk hasil hitung cepat lembaga Voxpol dengan suara masuk 93 persen, pasangan Idris-Imam meraup suara 53,35 persen. Sementara lawannya, yakni Pradi-Afifah meraih 46,64 persen.

    Walikota Depok Mohammad Idris. CNN Indonesia/Andry NovelinoPasangan calon wali kota dan wakil wali kota Depok Mohammad Idris-Imam Budi Hartono unggul sementara dari pasangan Pradi Supriatna-Afifah Alia di Pilkada 2020. CNN Indonesia/Andry Novelino
  • 09 Dec 18:16

    Airin Yakin Benyamin-Pilar Saga Dilantik 20 April 2021

    Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengklaim kemenangan pasangan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan dalam Pilkada 2020. Airin menyebut Benyamin-Pilar akan dilantik sebagai wali kota dan wakil wali kota Tangerang Selatan pada 20 April 2021.

    Berdasarkan hitung cepat tiga lembaga survei, Benyamin-Pilar unggul dari dua lawannya Muhamad-Rahayu Saraswati dan Siti Nur Azizah-Ruhamaben.

    Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany memasuki kendaraan seusai melakukan audensi, di gedung KPK, Jakarta, Kamis (18/1).APEKSI dan KPK menyatakan sepakat memperkuat pencegahan korupsi melalui program APIP (Aparat Pengawas Internal Pemerintah), terkait banyak kepala daerah terlibat dalam kasus korupsi. ANTARA FOTO/Reno Esnir/ama/18.Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengklaim kemenangan pasangan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan meskipun belum ada hasil resmi dari KPU. ANTARA FOTO/Reno Esnir/ama/18.
  • 09 Dec 17:56

    Jokowi Belum Beri Selamat ke Gibran

    Presiden Joko Widodo belum memberi selamat kepada anaknya Gibran Rakabuming Raka yang maju sebagai calon wali kota Solo. Berdasarkan hitung cepat Charta Politika, Gibran-Teguh Prakosa unggul sementara dari pasangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (BaJo).

    Gibran mengatakan sejumlah tokoh nasional sudah mengucapkan selamat kepada dirinya setelah unggul berdasarkan hitung cepat.

    "Bapak belum. Nanti. Biasanya bapak kalau telpon malam. Ibu juga belum. Malam juga kalau ibu," kata Gibran saat jumpa pers, Rabu (9/12).

    Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi putranya Gibran Rakabuming (kanan) menyalami warga sebelum mengikuti upacara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 di Jakarta, Minggu (20/10/2019). ANTARA FOTO/Rachman/mrh/hp.Presiden Joko Widodo belum mengucapkan selamat kepada anaknya yang juga calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. ANTARA FOTO/Rachman/mrh/hp.
  • 09 Dec 17:44

    PDIP Gembira Eri-Armudji Unggul di Pilkada Surabaya

    DPP PDI-Perjuangan gembira mengetahui hasil hitung cepat (quick count) Pilkada Kota Surabaya. Pasangan nomor urut 1, Eri Cahyadi-Armudji berhasil mengungguli pasangan nomor urut 2, Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno.

    Berdasarkan hitung cepat Charta Politika dengan suara masuk 90,67 persen; Eri-Armudji mendapat 55,57 persen dan Machfud-Mujiaman memperoleh 44,43 persen suara.

    "Bahwa meski di tengah kepungan berbagai kekuatan politik yang besar, politik uang yang massif, dan politik devide et impera yang sistematis, tetapi PDI Perjuangan dengan mandat rakyat Surabaya mampu memenangkan pilkada di Kota Pahlawan itu," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto lewat keterangan tertulis, Rabu (9/12).

    Calon Wali Kota Surabaya nomor urut 01 Eri Cahyadi (kiri) didampingi isterinya Rini Indriyani menunjukkan surat suara saat mencoblos di TPS 25, Ketintang Selatan, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (9/12/2020). Pilkada Kota Surabaya 2020 diikuti dua pasangan calon yaitu Eri Cahyadi dan Armuji dengan nomor urut 01 serta pasangan Machfud Arifin dan Mujiaman dengan nomor urut 02. ANTARA FOTO/Moch Asim/wsj.Calon Wali Kota Surabaya nomor urut 01 Eri Cahyadi-Armudji unggul sementara dari pasangan Machfud Arifin-Mujiaman dalam Pilkada 2020. ANTARA FOTO/Moch Asim/wsj.
  • 09 Dec 17:21

    Pasangan Benyamin-Pilar Saga Unggul Sementara di Tangsel

    Hasil penghitungan cepat atau quick count tiga lembaga survei menyatakan pasangan calon Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan unggul dari dua lawannya di Pilkada Kota Tangerang Selatan 2020. Merujuk quick count Indikator dengan suara masuk 100 persen, Benyamin-Pilar meraih 41,86 persen suara. Sementara Muhamad-Rahayu Saraswati mendapat 34,42 persen suara dan Siti Nur Azizah-Ruhamaben dengan 23,72 persen.

    Sedangkan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) dengan 100 persen suara masuk, Benny-Pilar meraih 43,15 persen suara. Kemudian, hasil hitung cepat Charta Politika juga menyatakan Benyamin-Pilar unggul dari dua lawannya, dengan 40,26 persen suara. Hasil quick count tidak mewakili hasil resmi Pilkada 2020. KPU masih akan melakukan rekapitulasi berjenjang dari tingkat TPS, kecamatan hingga kabupaten/kota.

    Calon Wali Kota Tangerang Selatan nomer urut tiga Benyamin Davnie (kiri) beserta istri menunjukan surat suara saat menggunakan hak pilihnya di TPS 16 Lengkong Karya, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (9/12/2020). Sebanyak 976.019 orang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilkada Kota Tangerang Selatan 2020 yang diikuti tiga pasang calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan yakni nomor urut satu Muhammad - Rahayu Saraswati, nomor urut dua Azizah - Ruhamaben dan nomor urut tiga Benyamin Davnie - Pilar Saga Ikhsan. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj.Calon Wali Kota Tangerang Selatan nomer urut tiga Benyamin Davnie-Pilar Saga Ikhsan unggul sementara berdasarkan hitung cepat tiga lembaga survei. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj.
  • 09 Dec 17:09

    Gibran Tak Pikirkan Hitung Cepat, Prioritas Keselamatan Warga

    Anak Presiden Joko Widodo yang juga calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka buka suara usai pemungutan suara Pilkada 2020. Berdasarkan hasil hitung cepat Charta Politika, Gibran-Teguh Prakosa unggul sementara dari lawannya Bagyo Wahyono-FX Supardjo (BaJo).

    Namun, Gibran enggan membicarakan perolohan suara berdasarkan hitung cepat tersebut. Gibran mengatakan prioritas dirinya saat ini adalah warga Kota Solo tak terpapar virus corona dan Pilkada Kota Medan 2020 berjalan aman.

    "Prioritas dari saya adalah pilkada bisa berlangsung dengan aman, warganya selamat semuanya. Itu yang prioritas. Urusan angka-angka itu urusan nanti," kata Gibran saat jumpa pers bersama Teguh di Kota Solo, Rabu (9/12).

    Calon Wali Kota Solo nomer urut satu Gibran Rakabuming Raka (kiri) dan istri Selvi Ananda (kanan) menggunakan hak pilihnya pada Pilkada serentak 2020 di TPS 22, Manahan, Solo, Jawa Tengah, Rabu (9/12/2020). Pemilihan Wali Kota Solo pada Pilkada serentak 2020, PDI Perjuangan mengusung Gibran Rakabuming Raka berpasangan dengan Teguh Prakosa yang bersaing dengan pasangan Bagyo Wahyono dan FX. Suparjo (Bajo) yang maju melalui jalur non partai (independen). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/wsj.Calon Wali Kota Solo nomer urut satu Gibran Rakabuming Raka telah menggelar jumpa pers usai pemungutan suara Pilkada 2020. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/wsj.
  • 09 Dec 16:35

    Positif Covid-19 Tembus 592.900 Kasus saat Pilkada 2020

    Jumlah kumulatif positif Covid-19 mencapai 592.900 kasus pada hari pemungutan suara Pilkada 2020, Rabu (9/12). Dari jumlah tersebut, sebanyak 487.445 orang dinyatakan sembuh dan 18.171 orang meninggal dunia.

    Rekor tercipta di kasus kematian, dengan 171 orang meninggal dunia. Angka kematian hari ini lebih tinggi dari rekor sebelumnya tanggal 27 dan 29 November sebanyak 169 kasus.

    Petugas KPPS TPS 68 menyemprotkan cairan disinfektan kepada rekannya usai mengunjungi pemilih pasien COVID-19 dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) di Pondok Maharta, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (9/12/2020). Untuk memenuhi hak pilih para pasien COVID-19 OTG pada Pilkada serentak 2020 di wilayah tersebut, petugas KPPS setempat melakukan jemput bola dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/wsj.Positif virus corona (Covid-19) mencapai 592 ribu lebih kasus pada hari pemungutan suara Pilkada 2020, Rabu (9/12). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/wsj.
  • 09 Dec 16:26

    Quick Count: Bobby Mantu Jokowi Unggul di Pilkada Medan

    Menantu Presiden Joko Widodo yang juga calon Wali Kota Medan Bobby Nasution unggul sementara dalam Pilkada 2020.

    Berdasarkan hitung cepat (quick count) Charta Politika dengan suara masuk 94 persen, Bobby-Aulia Rahman mendapat 54,29 persen, sementara lawannya Akhyar Nasution-Salman Alfarisi mengantongi 45,71 persen.

    Calon Wali Kota Medan nomor urut dua Bobby Nasution menunjukan surat suara saat menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Kota Medan Tahun 2020 di TPS 22, Kelurahan Asam Kumbang, Medan, Sumatera Utara, Rabu (9/12/2020). ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/Lmo/wsj.Calon Wali Kota Medan nomor urut dua Bobby Nasution unggul sementara di Pilkada 2020. ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/Lmo/wsj.
  • 09 Dec 15:42

    Quick Count Charta: Gibran Anak Jokowi Unggul Telak

    Berdasarkan hitung cepat atau quick count Charta Politika dengan suara masuk 91,5 persen, anak Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka unggul telak sementara dalam Pilkada 2020.

    Hingga pukul 15.39 WIB, perolehan suara Gibran-Teguh Prakosa 87,21 persen. Sedangkan pasangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (BaJo) mengantongi 12,79 persen.

    Calon wali kota Pilkada Solo Gibran Rakabuming menyalurkan hak suaranya di TPS nomor 22, Banjarsari.Foto: Arsip Istimewa
    Calon wali kota Pilkada Solo Gibran Rakabuming menyalurkan hak suaranya di TPS nomor 22, Banjarsari.
  • 09 Dec 15:35

    Petugas KPPS Positif Corona Masih Tugas di 1.172 TPS

    Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mencatat petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang positif virus corona (Covid-19) masih bertugas di 1.172 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Namun, Bawaslu tak merinci TPS tersebut tersebar di mana saja.

    Warga menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 46, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Rabu, 9 Desember 2020. Pilkada Serentak 2020 menerapkan protokol kesehatan ketat guna mencegah penyebaran virus  COVID-19. CNN Indonesia/Bisma SeptalismaBawaslu mencatat petugas KPPS yang positif virus corona masih bertugas di 1.172 TPS.  Ilustrasi CNN Indonesia/Bisma Septalisma
  • 09 Dec 15:18

    Golput Menang di TPS Mantu Jokowi

    Pasangan calon wali kota Medan Bobby Nasution-Aulia Rachman hanya memperoleh 73 suara di TPS 22, di Kompleks Taman Setia Budi Indah Blok VV. TPS 22 merupakan tempat Bobby, istri, dan keluarganya mencoblos.

    Suara Bobby tersebut kalah dari suara yang tak terpakai alias golput sebanyak 190 suara. Terdapat total 314 pemilih di TPS 22, namun hanya 124 yang menggunakan hak suaranya. Sedangkan pasangan Akhyar Nasution-Salman Alfarisi mendapat 49 suara di TPS 22.

    "Sudah bisa ditebak itu (golput). Pengaruh Covid pasti ada," kata Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Fauzan.

    Calon Wali Kota Medan nomor urut dua Bobby Nasution (kanan) bersama istrinya Kahiyang Ayu (kiri) menunjukan surat suara saat menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Kota Medan Tahun 2020 di TPS 22, Kelurahan Asam Kumbang, Medan, Sumatera Utara, Rabu (9/12/2020). ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/Lmo/wsj.Calon Wali Kota Medan nomor urut dua Bobby Nasution (kanan) bersama istrinya Kahiyang Ayu (kiri) menunjukan surat suara saat menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Kota Medan Tahun 2020 di TPS 22, Kelurahan Asam Kumbang, Medan, Sumatera Utara, Rabu (9/12/2020). ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/Lmo/wsj.
  • 09 Dec 14:22

    Quick Count Charta: Ponakan Prabowo Unggul di Tangsel

    Quick count Charta Politika menyatakan paslon Pilkada Tangsel Muhamad-Rahayu Saraswati unggul sementara dari dua paslon lainnya.

    Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Muhamad (kiri) dan Rahayu Saraswati (kanan) berfoto bersama usai menyerahkan berkas pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tangerang Selatan di Setu, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (4/9/2020). Pasangan Muhamad dan Rahayu Saraswati yang diusung PDI Perjuangan, Partai Gerindra, PSI, PAN dan Partai Hanura resmi mendaftarkan diri sebagai kontestan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan tahun 2020. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj.
    Paslon Muhamad-Sara diunggulkan dalam quick count Charta Politika (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj).
  • 09 Dec 13:32

    Lawan Kotak Kosong, Putra Pramono Anung Yakin Menang Telak di Kediri

    Putra Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Hanindhito Himawan Pramana yakin meraup 85 persen di Pilkada Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

    Hanindhito berpasangan dengan Dewi Mariya Ulfa. Mereka adalah paslon tunggal yang melawan kotak kosong.

    Hanindhito Himawan PramonoFoto: Dok. Istimewa
    Hanindhito Himawan Pramono yakin menang telak di Pilkada Kabupaten Kediri melawan kotak kosong
  • 09 Dec 13:22

    Ditraktir Makan, Warga TPS 34 Tangsel Abai Protokol Kesehatan

    Sejumlah warga di Ciputat, Kota Tangerang Selatan mengabaikan protokol kesehatan usai menunaikan hak pilihnya di TPS 034.

    Mereka tidak menjaga jarak saat menikmati makanan gratis yang disediakan pedagang dekat TPS. Diketahui, warga yang mencoblos di TPS tersebut boleh menikmati ketoprak dan beberapa jajanan lain dengan gratis.

    Kelompok warga di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 034 Kelurahan Ciputat, Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan menolak keberadaan tim pemenangan semua pasangan calon di TPS.Foto: CNN Indonesia/ Thohirin
    Kelompok warga di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 034 Kelurahan Ciputat, Kota Tangerang tidak mematuhi protokol kesehatan usai mencoblos.
  • 09 Dec 13:18

    Walkot Solo Usir Saksi Paslon BaJo dari TPS

    Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengusir saksi dari pihak pasangan calon nomor urut 2 di Pilkada Kota Solo 2020, Bagyo Wahyono - FX Supardjo (Bajo) dari TPS No 18.

    Ia beralasan saksi dari pihak BaJo berasal dari luar kota. Keberadaan mereka meresahkan warga karena dianggap berpotensi membawa virus Covid-19.

    Bagyo Wahyono-FX Supardjo (BajoFoto: Bayu Ardi Isnanto/ detikcom
    Bagyo Wahyono-FX Supardjo (BaJo)
  • 09 Dec 13:07

    Kantor PPK Dikepung, Pilkada Yalimo Papua Terancam Ditunda

    Pilkada di Kabupaten Yalimo, Papua terancam ditunda usai Kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di salah satu distrik dikepung massa yang menolak Pilkada 2020 dengan metode surat suara. Massa ingin metode noken yang dipakai.

  • 09 Dec 12:53

    Pria 70 Tahun di Palu Meninggal Saat Tunggu Antrean Nyoblos

    Seorang warga berusia 70 tahun Kelurahan Tanamodindi, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah meninggal dunia saat menunggu giliran mencoblos di TPS. Satgas Covid-19 langsung datang ke lokasi.

  • 09 Dec 12:12

    Usai Nyoblos, Warga di Tangsel Boleh Makan Ketoprak Gratis

    Usai nyoblos, warga boleh makan ketoprak gratis yang dijajakan pedagang di dekat TPS 034 Kelurahan Ciputat, Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan.

    Kelompok warga di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 034 Kelurahan Ciputat, Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan menolak keberadaan tim pemenangan semua pasangan calon di TPS.Warga yang sudah mencoblos di TPS 034 Kelurahan Ciputat, Kecamatan Ciputat Kota Tangerang boleh makan ketoprak atau siomay gratis. (CNN Indonesia/ Thohirin)
  • 09 Dec 11:57

    Cagub Kalsel Denny Indrayana Wanti-wanti Kecurangan

    Calon gubernur Pilkada Kalimantan Selatan Denny Indrayana menggunakan hak pilihnya di TPS 007, Keluruhan Komet, Kecamatan Banjarbaru Utara. Dia berharap tidak ada praktik kecurangan.

    "Saya berharap prosesnya bisa dijaga, karena masa penghitungan juga masuk yang kritikal di mana potensi kecurangan bisa dilakukan," kata Denny.

    Calon gubernur Pilkada Kalimantan Selatan, Denny Indrayana.Foto: Arsip Istimewa
    Calon gubernur Pilkada Kalimantan Selatan, Denny Indrayana.
  • 09 Dec 11:48

    BaJo Mau Rangkul Semua Pihak Jika Kalahkan Gibran

    Pasangan calon Bagyo Wahyono-FX Supardjo (BaJo) mengaku bakal merangkul seluruh partai politik jika menang Pilkada Kota Solo.

    Diketahui, mayoritas parpol di Solo mengusung Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa. Sementara BaJo lewat jalur independen.

    "Kalau Tuhan mengizinkan kami BaJo duduk di balai kota, saya akan rangkul juga (Gibran-Teguh Prakosa). Saya juga harus mengayomi semua parpol," kata Bagyo.

    Bagyo Wahyono-FX Supardjo (BajoPasangan calon Pilkada Kota Solo Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) (Bayu Ardi Isnanto/ detikcom)
  • 09 Dec 11:33

    Puluhan TPS di Sumsel Rubuh Akibat Angin Kencang

    Puluhan tempat pemungutan suara (TPS) di Sumatera Selatan rubuh akibat angin kencang. Cuaca buruk membuat beberapa TPS di Ogan Ilir serta Ogan Komering Ulu Selatan serta tak bisa digunakan.

    "Sebaiknya pemasangan tenda diperkuat lagi," kata Kepala Unit Analisis dan Prakiraan Stasiun Meteorologi SMB II Palembang Sinta Andayani.

  • 09 Dec 11:25

    Langgar Prokes, Petugas TPS Depok Tak Pakai 'Face Shield'

    Petugas TPS 42, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Depok, Jabar tak menggunakan alat pelindung diri (APD) pelindung wajah atau face shield. Padahal, selain anggota KPPS, petugas ketertiban di TPS juga wajib memakai face shield.

    Petugas TPS 42, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Depok, Jabar tak menggunakan alat pelindung diri (APD) pelindung wajah atau face shield.Foto: CNN Indonesia/ Rizki Ramadan
    Petugas TPS 42, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Depok, Jabar tak menggunakan alat pelindung diri (APD) pelindung wajah atau face shield.
  • 09 Dec 11:14

    Akhyar Nasution Yakin Kalahkan Mantu Jokowi di Medan

    Calon wali kota Pilkada Medan Akhyar Nasution yakin meraih suara lebih banyak dari lawannya yakni Bobby Nasution yang merupakan menantu Presiden Jokowi. Akhyar mengatakan demikian saat menggunakan hak suaranya di TPS 22 Kelurahan Pulo Brayan Darat 2, Medan Timur.

    "Kita lihat saja nanti, tapi kita optimis. Ya, Insya Allah menang," kata Akhyar.

    Calon wali kota Pilkada Medan Akhyar Nasution menggunakan hak suaranya di Pilkada. Calon wali kota Pilkada Medan Akhyar Nasution menggunakan hak suaranya di Pilkada (Arsip Timses Akhyar)
  • 09 Dec 11:08

    Cawalkot Surabaya Machfud Arifin Berharap dapat 65 Persen Suara

    Calon wali kota Pilkada Surabaya Machfud Arifin menggunakan hak suaranya di TPS 25 Kelurahan Dr Soetomo, Tegalsari, Surabaya.

    Dia berharap mendapat 63 persen suara dan mengalahkan lawannya yakni Eri Cahyadi-Armuji di Pilkada Kota Surabaya.

    "Tadi sudah dielus-elus suratnya. Dapat 63 persen sudah Alhamdulillah," kata Machfud seraya terkekeh.

    Bakal Calon Wali Kota Surabaya Machfud Arifin, akhirnya mengakui bahwa dirinya telah terkonfirmasi positif corona (Covid-19).Calon Wali Kota Surabaya Machfud Arifinberharap mendapat 60 persen suara (CNN Indonesia/Miftah)
  • 09 Dec 11:02

    Bobby Mantu Jokowi Nyoblos, Berharap Program Diterima Warga

    Menantu Presiden Jokowi yang juga calon wali kota Pilkada Medan, Bobby Nasution menggunakan hak suaranya di TPS nomor 22 di Komplek Taman Setia Budi Indah, Medan.

    Didampingi istrinya yakni Kahiyang Ayu, Bobby tiba di TPS sekitar pukul 10.15 WIB.

    "Yang penting hari ini masyarakat ramai-ramai ke TPS memberikan suaranya, memberikan pilihannya, mudah-mudahan program yang kami tawarkan bisa diterima masyarakat," kata Bobby.

    Calon wali kota Pilkada Medan, Bobby Nasution menggunakan hak suaranya di TPS nomor 22 di Komplek Taman Setia Budi Indah, Medan, Rabu (9/12),Calon wali kota Pilkada Medan, Bobby Nasution menggunakan hak suaranya di TPS nomor 22 di Komplek Taman Setia Budi Indah, Medan, Rabu (9/12) (CNN Indonesia/ Farida)
  • 09 Dec 10:54

    Pesan Risma ke Eri Cahyadi: Menang atau Kalah Itu Berat

    Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memberikan pesan kepada cawalkot Eri Cahyadi yang juga rekannya sesama kader PDIP di hari pemungutan suara Pilkada 2020.

    Risma mengingatkan bahwa menang atau kalah sama-sama memiliki beban berat.

    "Menang atau Kalah itu berat," kata Risma.

    Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan calon penerusnya, Eri Cahyadi, yang dicalonkan PDI Perjuangan di Pilkada Surabaya 2020, bakal menjadi kader partai banteng.Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini memberikan pesan kepada cawalkot Eri Cahyadi (kiri) di hari pemungutan suara Pilkada 2020 (CNN Indonesia/ Farid)
  • 09 Dec 10:34

    Warga Satu Desa di Konawe Selatan Tolak Nyoblos Pilkada

    Puluhan warga dari Desa Matabondu Kecamatan Laonti, Kabupaten Konawe Selatan mengembalikan kartu panggilan memilih atau formulir C6 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara.

    Mereka merasa selama ini pemerintah kabupaten tidak pernah memikirkan masyarakat. Oleh karena itu, puluhan warga memutuskan untuk tidak memilih.

    Petugas melakukan Simulasi Pemungutan Suara Pemilihan Serentak 2020 dengan Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19, di Kantor Pusat KPU. Jakarta, 22 Juli 2020. Kegiatan simulasi ini merupakan sarana uji coba penerapan aturan pemungutan suara dlm PKPU 6/2020. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)Ilustrasi (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
  • 09 Dec 10:29

    Kaesang Putra Jokowi Doakan yang Terbaik untuk Gibran

    Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep menggunakan hak suaranya di TPS nomor 22 Kelurahan Mahanan, Banjarsari, Solo. 
    Dia mendoakan hasil yang terbaik untuk kakaknya, yakni Gibran Rakabuming yang menjadi calon wali kota di Pilkada Solo.

  • 09 Dec 10:23

    Bawaslu Sita Ratusan Amplop 'Serangan Fajar' Pilkada di Riau

    Tim patroli politik uang Bawaslu Kabupaten Indragiri Hulu, Riau menemukan 146 amplop. Setiap amplop berisi uang Rp50 ribu, diduga untuk pemenangan salah satu paslon.

    Dua orang yang membawa ratusan amplop itu lantas dibawa ke Mapolsek Rengat Barat, Indragiri Hulu untuk diperiksa.

    Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengkonfirmasi barang bukti berupa amplop yang terdapat bubuhan cap jempol kepada saksi Direktur PT Inersia Ampak Engineering (IAE) M. Indung Andriani. Amplop tersebut berisi uang senilai Rp8 miliar yang hendak digunakan terdakwa Anggota Komisi VI DPR RI Bowo Sidik Pangarso untuk serangan fajar Pileg 2019 dapil Jawa Tengah II.Ilustrasi amplop berisi uang untuk pemenangan paslon di pilkada (CNN Indonesia/Ryan Hadi Suhendra)
  • 09 Dec 10:14

    Gibran Ajak Warga Nyoblos: TPS Aman

    Calon wali kota Pilkada Solo Gibran Rakabuming Raka mengajak warga untuk menyalurkan hak suaranya di TPS. Dia memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan baik oleh petugas di TPS.

    "Datang ke TPS dipastikan aman dan steril. Jangan lupa bawa masker," kata Gibran.

    Gibran Rakabuming Raka bersama istrinya menggunakan hak suaranya di TPS 22 Manahan, Banjarsari, Solo. Didampingi sang istri, Gibran tiba di TPS sekitar 08.30 WIB, Rabu (9/12).Gibran Rakabuming Raka bersama istri menggunakan hak suaranya di TPS 22 Manahan, Banjarsari, Solo. Didampingi sang istri, Gibran tiba di TPS sekitar 08.30 WIB, Rabu (9/12) (CNN Indonesia/ Rosyid)
  • 09 Dec 10:00

    Tim IPDN Pantau Langsung Protokol Kesehatan di TPS Mantu Jokowi

    Tim dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dikirim Mendagri Tito Karnavian untuk mengecek langsung TPS nomor 22 Komplek Taman Setia Budi Indah, Medan. TPS tersebut merupakan tempat menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution menyalurkan hak suaranya.

  • 09 Dec 09:31

    Didampingi Istri, Gibran Putra Jokowi Nyoblos di Solo

    Calon wali kota Solo yang juga Putra Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka menggunakan hak suaranya di TPS Nomor 22, Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo. Didampingi istrinya, Gibran sudah tiba di TPS sekitar pukul 08.30 WIB.

    Gibran Rakabuming Raka bersama istrinya menggunakan hak suaranya di TPS 22 Manahan, Banjarsari, Solo. Didampingi sang istri, Gibran tiba di TPS sekitar 08.30 WIB, Rabu (9/12).Gibran Rakabuming Raka bersama istrinya menggunakan hak suaranya di TPS 22 Manahan, Banjarsari, Solo. Didampingi sang istri, Gibran tiba di TPS sekitar 08.30 WIB, Rabu (9/12) (CNN Indonesia/ Rosyid)
  • 09 Dec 09:21

    Cawalkot Surabaya Eri Cahyadi Yakin 100 Persen

    Calon Wali Kota Pilkada Surabaya Eri Cahyadi menggunakan hak suaranya di TPS 25, Ketintang Selatan, Surabaya. Tiba di TPS pada pukul 07.40 WIB didampingi istrinya.

    "Keyakinan kalau sudah ridho ibu saya, saya kira 100 persen. Ridho ibu saya ridho Gusti Allah. Insyaaallah jadi, warga Surabaya kudu bahagia kabeh," kata Eri.

    Di Pilkada Surabaya, Eri Cahyadi didampingi Armuji. Mereka akan melawan pensiunan Jenderal Polri Machfud Arifin yang berpasangan dengan Mujiaman Sukirno.

    Eri Cahyadi Calon wali kota Pilkada Surabaya Eri Cahyadi (Amir Baihaqi / Detikcom)
  • 09 Dec 09:06

    Polda Jateng Bakal Bubarkan Pesta Kemenangan Pilkada

    Polda Jawa Tengah tidak akan mentolerir jika ada pasangan calon atau tim sukses yang menggelar pesta kemenangan pilkada. Kepolisian bakal membubarkan kerumunan massa yang melanggar protokol kesehatan.

    "Jadi jelas ya, enggak ada itu pesta, ada langsung kita bubarkan," ucap Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi.

    Sejumlah personel Brimob mengikuti apel gelar pasukan pengamanan kegiatan 20 Mei, di Taman Alun-Alun Sungai Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (19/5). Sebanyak 4.033 personel yang terdiri dari 1.400 polisi, 933 Brimob Polda Kalbar, 1.300 TNI dan 400 Brimob Kelapa Dua dikerahkan untuk mengamankan kegiatan Pekan Gawai Dayak (PGD) ke-32 dan aksi damai bela ulama oleh kelompok tertentu yang rencana diadakan secara bersamaan pada Sabtu (20/5). ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/kye/17Polisi akan membubarkan pesta perayaan pilkada di Jawa Tengah (ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/kye/17)
  • 09 Dec 08:46

    Bobby Menantu Jokowi Ziarah Sebelum Nyoblos

    Calon Wali Kota Pilkada Medan yang juga menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution ingin ziarah ke makam ayahnya yakni alm. Erwin Nasution sebelum memberikan hak suaranya di TPS pada hari ini.

    Bobby berpasangan dengan Aulia Rachman di Pilkada Medan. Mereka menghadapi Akhyar Nasution-Salman Alfarisi.

    Menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Nasution mengaku tak tertarik menjadi pengurus PSSI, di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (18/6).Bobby Nasution berziarah dulu ke makam mendiang ayahnya sebelum menyalurkan hak suara di Pilkada Kota Medan (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
  • 09 Dec 08:41

    Selamat Pagi

    Hari ini pemungutan suara Pilkada Serentak 2020 digelar di 270 daerah. Mari mengikuti perkembangan informasi bersama saya, Bimo Wiwoho, selamat mengikuti.