Istri Wali Kota Unggul Quick Count di Pilkada Bandar Lampung

CNN Indonesia | Kamis, 10/12/2020 18:52 WIB
Pasangan calon nomor urut 03, Eva Dwiana-Deddy Amarullah juga unggul dari perhitungan e-rakap KPU Bandar Lampung dengan perolehan 56,79 persen. Foto ilustrasi. (ANTARA FOTO/BASRI MARZUKI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bandar Lampung nomor urut 03 Eva Dwiana-Deddy Amarullah unggul menurut hasil hitung cepat Lembaga Survei Rakatan Institute, pada Pilkada 2020.

Eva diketahui adalah istri Wali Kota Bandar Lampung yang masih menjabat saat ini Herman HN. Bersama Deddy, Eva diusung tiga partai politik yakni PDIP, Gerindra dan NasDem.

Dilansir dari Antara, dari hitung cepat Rakata Institute, pasangan nomor urut 03 ini mendapatkan suara 58,96 persen. Suara yang masuk sudah mencapai 100 persen.


Disusul kemudian pasangan calon nomor urut 02 M Yusuf Kohar-Tulus Purnomo yang meraih 21,36 persen. Di urutan ketiga adalah pasangan calon nomor urut 01 Rycko Menoza-Johan Sulaiman dengan perolehan suara 19,68 persen.

Rakata Institute menggunakan metode stratified random sampling dalam hitung cepat ini. Jumlah sample 94 TPS dari 1.700 TPS yang ada di Bandar Lampung, dengan tingkat kepercayaan 99 persen dan margin eror sebanyak kurang lebih 2,5 persen.

Eva-Deddy juga dinyatakan unggul di Pilkada Bandar Lampung berdasarkan e-rekap KPUD Bandar Lampung dengan perolehan suara 56,79 persen.

"Hingga saat ini Eva-Deddy meraih 56,79 persen versi e-rekap dari 1.576 TPS yang sudah mengirim datanya," kata Komisioner KPUD Bandarlampung Divisi Teknis Penyelenggara, Fery Triatmojo, di Bandarlampung, Kamis (10/12) dilansir dari Antara.

Untuk pasangan calon nomor Rycko Menoza-Johan Sulaiman hingga kini memiliki suara 21,55 persen dan pasangan usuf Kohar-Tulus Purnomo mendapatkan suara 21,67 persen.

"Jadi dari 1.700 TPS yang belum mengirimkan data e-rekap tinggal 124 lagi," ucap dia.

Fery mengatakan, dari 647.278 daftar pemilih tetap (DPT) di Bandarlampung, jumlah surat sah sebanyak 404.962, sedangkan untuk surat suara yang tidak sah ada 12.141, sisanya tidak menggunakan hak pilih.

Ia juga mengatakan, pihaknya akan melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kecamatan hingga Minggu (13/12) dengan menggunakan aplikasi sistem informasi rekapitulasi (sirekap).

"Kita menggunakan aplikasi ini untuk penghitungan suara di tingkat kecamatan sebab sirekap sudah stabil," ujarnya.

Pilkada di Kota Bandarlampung diikuti tiga pasangan calon, yaitu nomor urut 1, pasangan Rycko Menoza - Johan Sulaiman, dengan partai pengusung Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).Lalu, nomor urut 2, yaitu pasangan M Yusuf Kohar - Tulus Purnomo Wibowo, dengan partai pengusung Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), PKB, Perindo, dan PPP.Kemudian, nomor urut 3, yaitu pasangan Eva Dwiana - Dedi Amarullah, dengan partai pengusung PDIP, Gerindar dan NasDem.

Kerabat pejabat menjadi salah satu calon di Pilkada jadi fenomena tersendiri di Pilkada 2020 ini. Yang paling mendapat perhatian adalah anak dari Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka di Surakarta dan menantu Jokowi, Bobby Nasution di Pilkada Medan.

Keduanya juga saat ini jadi pemenang pilkada versi hitung cepat.

Calon lain yang jadi kerabat pejabat adalah anak dari Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Pilkada Kediri Hanindhito Himawan Pramana, kerabat Ratu Atut Chosiyah di Pilkada Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan, istri Bupati Banyuwangi Azwar Anas, Ipuk Fiestiandani yang maju di Pilkada di daerahnya dan calon-calon lain.

(Antara/sur)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK