Massa Aksi 1812 Dibubarkan Polisi, Patung Kuda Steril

CNN Indonesia | Jumat, 18/12/2020 15:35 WIB
Meski massa aksi 1812 sudah membubarkan diri, lalu lintas di Medan Merdeka Barat masih belum bisa dilalui. Aparat kepolisian membubarkan aksi 1812 di sekitar Patung Kuda, Jakarta Pusat (cnnindonesia/AdhiWicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kawasan Patung Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, steril dari massa aksi 1812 usai polisi melakukan pembubaran, Jumat (18/12) siang. Sejumlah orang juga telah ditangkap untuk diperiksa lebih lanjut.

Pantauan CNNIndonesia.com di sekitar Patung Kuda, sejumlah aparat masih berjaga. Sementara di sekitar Jalan Budi Kemuliaan, tampak sejumlah ibu-ibu peserta aksi masih bertahan.

Meski sudah steril, lalu lintas Jalan Medan Merdeka Barat ke arah Istana Kepresidenan masih belum bisa dilalui.


Diketahui, aksi 1812 yang sebelumnya hendak digelar sejumlah elemen masyarakat dibubarkan aparat.

Sempat terjadi aksi dorong-dorongan antara aparat dengan massa karena massa yang memilih untuk bertahan.

Sejumlah massa juga tampak diamankan oleh aparat. Mereka diamankan di sekitar Patung Kuda, Jalan MH Thamrin, hingga Jalan Abdul Muis saat polisi melakukan penyisiran.

Hingga berita ini ditulis, aparat masih melakukan penyisiran massa.

Setidaknya ada tiga ormas Islam yang tergabung dalam ANAK NKRI yang menggelar aksi, yakni Persaudaraan Alumni (PA) 212, Front Pembela Islam (FPI) dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama.

Tiga tuntutan diserukan dalam aksi demo yakni meminta kasus penembakan enam anggota laskar FPI diusut tuntas, mendesak agar pentolan Rizieq Shihab dibebaskan tanpa syarat, dan setop kriminalisasi ulama serta diskriminasi hukum.

(yoa/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK