Covid Memburuk, Epidemiolog Serukan PSBB Ketat di Jabodetabek

CNN Indonesia | Rabu, 06/01/2021 10:39 WIB
Epidemiolog dari UI, Pandu Riono meminta warga di Jabodetabek bersiap mengantisipasi pengetatan serentak imbas kian buruknya wabah Covid di Jakarta dan sekitar. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Pandu Riono menyerukan masyarakat di Jabodetabek siap mengantisipasi  pengetatan serentak.

FKM UI menjadi mitra Pemprov DKI dalam penanganan wabah corona. Menurut Pandu, pengetatan bisa dilakukan jika mempertimbangkan kasus covid di Jakarta dan sekitarnya yang kian memburuk.

"Wahai warga Jabodetabek, mari kita bersiap dan patuh untuk implementasi pengetatan serentak se-wilayah Jabodetabek," kata Pandu seperti dikutip dari akun twitternya @drpriono1, Rabu (6/1).


Pandu menilai, saat ini, kondisi pandemi Covid-19 memburuk dengan kasus yang terus meningkat, hospitalisasi naik, rumah sakit kewalahan hingga lahan pemakaman yang penuh.

"Situasi Pandemi memburuk, kasus terus meningkat, hospitalisasi naik, RS kewalahan, lahan pemakaman penuh. Seluruh Pemda bekerja sama dengan harmonis dan saling dukung," kata dia.

Saat ini, DKI Jakarta masih menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi. Kebijakan ini berlaku hingga 17 Januari mendatang.

Sementara data terakhir per 3 Januari 2021, keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) rumah sakit rujukan Covid-19 di Jakarta sudah mencapai 87 persen.

Artinya, dari 7.379 tempat tidur yang tersedia, sebanyak 6.385 tempat tidur ruang isolasi RS di Jakarta sudah terisi.

Kemudian, dari jumlah tempat tidur ICU sebanyak 960 unit di Jakarta, sudah terisi 762 unit. Belakangan situs Lapor Covid menyebut ruang ICU di Jakarta dan sekitarnya sudah terisi 100 persen sejak Desember lalu.

Di samping rumah sakit, lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) khusus jenazah Covid-19 di Pondok Ranggon dan Tegal Alur sudah penuh.

Seiring penuhnya lahan makam Covid-19 di dua TPU itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, lahan khusus makam jenazah Covid-19 di Rorotan, Jakarta Utara bakal segera digunakan.

"Termasuk di Rorotan, insya Allah bulan ini sudah bisa digunakan, jadi enggak usah khawatir," kata Riza di Balai Kota, Selasa (5/1).

(yoa/wis)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK