Jokowi Bicara soal Lockdown usai Kasus Aktif Tembus 110 Ribu

CNN Indonesia
Rabu, 06 Jan 2021 11:15 WIB
Presiden mengingatkan jajarannya lebih hati-hati setelah kasus aktif Covid menembus 110 ribu. Jangan sampai Indonesia terpaksa melakukan lockdown. Presiden mengingatkan jajarannya lebih hati-hati setelah kasus aktif Covid menembus 110 ribu. Jangan sampai Indonesia terpaksa melakukan lockdown. (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo berbicara soal antisipasi karantina wilayah atau lockdown usai Indonesia memiliki kasus aktif virus corona (Covid-19) lebih dari 110 ribu.

Jokowi mengatakan sejumlah negara telah menempuh kebijakan itu. Ia meminta para menteri untuk bekerja keras menangani pandemi agar Indonesia tak memilih jalan yang sama.

"Dua hari lalu London lockdown, Tokyo sama. Bangkok yang dekat-dekat kita juga lockdown. Terakhir, kemarin bukan hanya London saja, tapi Inggris juga," kata Jokowi dalam rapat terbatas bersama sejumlah menteri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/1).


"Hati-hati, jadi catatan kita semuanya jangan sampai terjadi lonjakan yang sangat drastis sehingga kita dipaksa untuk melakukan," imbuh Jokowi.

Jokowi menyampaikan jumlah kasus aktif Covid-19 di Indonesia mencapai lebih dari 110 ribu pada Desember 2020. Angka itu melonjak dari bulan sebelumnya yang berkisar di angka 54 ribu.

Mantan Wali Kota Solo itu meminta anak buahnya untuk kembali menggencarkan kampanye protokol kesehatan. Jokowi memerintahkan Satgas membuka komunikasi publik secara jelas lewat media massa.

"Masyarakat harus tahu mengenai itu, tidak menakut-nakuti, tapi informasinya harus sampai kalau kita harus disiplin, jaga protokol kesehatan," ujar Jokowi.

Jumlah kasus positif di Indonesia mencapai 779.548 kasus pada Selasa (5/1). Sebanyak 104.693 orang di antaranya saat ini adalah kasus aktif atau masih berstatus positif Covid-19.

Sementara itu, 23.109 orang telah meninggal dunia. Sebanyak 645.746 orang telah sembuh.

(dhf/wis)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER