TPU Srengseng Sawah Mulai Digunakan untuk Makam Covid-19

CNN Indonesia | Kamis, 14/01/2021 03:39 WIB
TPU Srengseng Sawah Jaksel mulai digunakan untuk pemakaman jenazah pasien covid-19 usai sejumlah TPU khusus lainnya penuh. TPU Srengseng Sawah, Jaksel, mulai digunakan untuk pemakaman jenazah pasien covid-19. (Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tempat Pemakaman Umum (TPU) Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan mulai digunakan sebagai lokasi pemakaman jenazah pasien Covid-19 sejak Selasa (12/1) kemarin.

Dengan demikian, ada empat TPU di wilayah Jakarta yang digunakan untuk memakamkan jenazah pasien Covid-19, yakni TPU Tegal Alur di Jakarta Barat, TPU Pondok Ranggon di Jakarta Timur, TPU Rorotan di Jakarta Utara, dan TPU Srengseng Sawah.

"Sudah mulai dari kemarin, jenazah yang terinfeksi Covid dimakamkan di TPU Srengseng Sawah," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Jakarta Selatan, Rabu (13/1).


Penambahan TPU itu, kata Riza, merupakan bagian dari upaya Pemprov DKI untuk menyediakan lokasi pemakaman bagi warga Jakarta.

"Pada prinsipnya kami memastikan tempat pemakaman bagi masyarakat umum dan penderita Covid sudah disiapkan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan Winarto mengatakan, lahan di TPU Srengseng Sawah digunakan untuk memakamkan jenazah Covid-19 muslim.

"Dari hari Selasa (12/1), ini kebetulan untuk pemakaman muslim aja, sebab non muslim di (TPU) Pondok Ranggon dan Tegal Alur masih mencukupi," ucap Winarto.

Winarto mengungkapkan pada Selasa (12/1), tercatat sudah ada 48 jenazah yang dimakamkan di TPU Srengseng Sawah.

Namun, terkait berapa kapasitas yang ada di TPU tersebut, Winarto tak bisa memastikannya secara pasti.

"Yang menghimpun daya tampung, perencanaannya ada di Bidang TPU Dinas Pertamanan terkait lahan yang tersisa untuk makam baru," jelasnya.

Kondisi lahan khusus pemakaman pasien Covid-19 yang kian menipis ini, membuat Pemprov DKI mengizinkan jenazah pasien Covid-19 dikubur di luar TPU khusus.

Pemprov sebelumnya menetapkan TPU Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur menjadi lokasi pemakaman yang khusus digunakan untuk menguburkan jenazah pasien Covid-19.

Dalam menangani krisis lahan pemakaman ini, pihak TPU Pondok Ranggon maupun TPU Tegal Alur juga menerapkan makam tumpang. Namun, mekanisme tersebut harus mendapat izin pihak keluarga.

(dis/psp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK