DPR: Transaksi Keuangan Calon Kapolri Listyo Sigit Wajar

CNN Indonesia | Kamis, 14/01/2021 18:40 WIB
Kabareskrim Komjen Listyo Sigit yang dicalonkan sebagai Kapolri untuk menggantikan Jenderal Idham Azis memiliki total kekayaan sebesar Rp8,3 miliar. Calon Kapolri, Listyo Sigit Prabowo disebut memiliki transaksi keuangan yang wajar. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi III DPR menyatakan transaksi keuangan calon Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam tahap yang wajar.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni setelah menggelar rapat dengan Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) secara tertutup di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (14/1).

"Ya dari PPATK memberikan lampu hijau ya. Semuanya wajar dan sesuai koridor, tidak ada yang aneh-aneh," kata Sahroni.


Sama halnya dengan transaksi keuangan anak dan istri Listyo. Menurut Sahroni, PPATK menyatakan wajar semua transaksi keuangan Listyo dan keluarga, baik di dalam maupun luar negeri.

"So far, masih dalam tahapan wajar dengan laporan di LHKPN [laporan harta kekayaan penyelenggara negara]," ujar politikus Partai NasDem itu.

Infografis Deretan PR Calon Kapolri Pengganti Idham AzisFoto: CNN Indonesia/Timothy Loen
Infografis Deretan PR Calon Kapolri Pengganti Idham Azis

Sahroni mengatakan Komisi III akan menjadikan hasil rapat dengan PPATK ini sebagai salah satu materi dalam uji kelayakan dan kepatutan Listyo di Komisi III DPR, Selasa (19/1).

"Selanjutnya nanti, nanti ada hal-hal lain sebenarnya, ini untuk jadi bahan informasi pada saat kita fit and proper untuk Listyo Sigit," katanya.

Listyo tercatat memiliki aset kekayaan yang mencapai Rp8,3 miliar. Mantan ajudan Presiden Joko Widodo itu terdata hanya memiliki satu unit mobil.

Pada LHKPN per 11 Desember 2019, mobil Listyo yang tercantum hanya satu unit Toyota Fortuner produksi 2018 dengan harga taksiran Rp320 juta.

Menurut LHKPN, kekayaan Listyo paling banyak berasal dari tanah dan bangunan senilai Rp 6,15 miliar. Aset tersebut tersebar di Kota Semarang Rp 1,65 miliar, Kota Tangerang Rp1 miliar, dan Jakarta Rp3,5 miliar.

Selain itu Listyo juga memiliki harta bergerak lainnya sebesar Rp975 juta serta kas setara Rp869 juta. Sejauh ini belum ada data kekayaan baru yang dilaporkan oleh Kabareskrim Polri itu.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyerahkan nama Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri untuk menggantikan Jenderal Idham Azis yang telah memasuki masa pensiun. Listyo mengalahkan empat nama jenderal bintang tiga lainnya yang disodorkan Kompolnas beberapa waktu lalu.

(mts/fra)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK