RS Covid DKI Hampir Penuh, 24 Persen Diisi Warga Bodetabek

CNN Indonesia | Selasa, 19/01/2021 13:55 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku bakal berkoordinasi dengan pemda Bodetabek mengenai hal itu. Ilustrasi ruang rawat khusus pasien virus corona (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tingkat keterisian rumah sakit rujukan Covid-19 di Jakarta sudah mencapai 87 persen. Dengan demikian, saat ini kapasitas rumah sakit rujukan di wilayah Ibu Kota tersisa 13 persen.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencatat, dari jumlah 87 persen pasien Covid yang ditangani, itu sebanyak 24 persen merupakan warga Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek).

"24 persen kapasitas RS di Jakarta terisi oleh pasien dari Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi," demikian mengutip akun resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, @dkijakarta di Instagram, Selasa (19/1).


Berdasarkan data per Minggu (17/1), jumlah tempat tidur dan ICU RS rujukan di Jakarta sebanyak 8.890 unit. Dari jumlah tersebut, tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) mencapai 87 persen atau sekitar 7.734 ranjang telah terisi.

"Kapasitas tersisa 13 persen (sekitar 1.155) lagi untuk menampung pasien Covid-19, baik yang berasal dari Jakarta maupun luar Jakarta,"

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, pihaknya bakal berkoordinasi dengan pemerintah daerah penyangga untuk meningkatkan kapasitas rumah sakit rujukan Covid-19.

[Gambas:Instagram]



Riza mengatakan koordinasi itu terkait data yang menunjukkan bahwa hampir 30 persen warga luar Jakarta dirawat di sejumlah RS rujukan di Jakarta.

"Sehingga nanti warga di luar Jakarta tidak ke Jakarta, bisa ditampung dengan baik, dilayani, rumah sakit-rumah sakit di sekitar Jakarta," kata Riza di Balai Kota, Senin (18/1).

Riza berharap, dengan koordinasi tersebut kapasitas rumah sakit di daerah sekitar Jakarta akan meningkat, sehingga keterisian tempat tidur isolasi dan ICU di rumah sakit rujukan Covid-19 di Jakarta menurun.

(dmi/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK