Gunung Sinabung Erupsi, Warga Diminta Jauhi Radius 3 Km

CNN Indonesia | Rabu, 20/01/2021 07:51 WIB
Warga diminta menjauhi radius 3 kilometer dari puncak Gunung Sinabung usai erupsi pada Rabu (20/1) pukul 05.25 WIB pagi. Ilustrasi. Warga diminta menjauh dengan radius 3 kilometer usai Gunung Sinabung erupsi pada Rabu (20/1). (Foto: ANTARA FOTO/Edy Regar)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara kembali erupsi hari ini, Rabu (20/1) pukul 05.25 WIB. Erupsi ini terekam seismogram dengan amplitudo maksimum 55 mm dan durasi kurang lebih 3 menit 21 detik.

"Tinggi kolom abu tidak teramati," dikutip dari keterangan resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM, Rabu (20/1).

PVMBG Kementerian ESDM mencatat Gunung Sinabung masih berada pada status Level III atau Siaga saat ini.


Dengan status tersebut, masyarakat maupun para wisatawan diminta tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah dilakukan relokasi. Warga juga diminta turut menjauhi lokasi di dalam radius radial 3 kilometer (km) dari puncak Gunung Sinabung.

"Serta menjauhi radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara," bunyi imbauan PVMBG Kementerian ESDM.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk terus menggunakan masker bila keluar rumah jika terjadi hujan abu imbas erupsi. Hal itu untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik Gunung Sinabung.

Masyarakat juga diminta mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gununy Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar dingin," bunyi imbauan PVMBG Kementerian ESDM.

(rzr/psp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK