4 Daerah di Papua dan Papua Barat Diklaim Bebas Corona

CNN Indonesia | Selasa, 26/01/2021 17:56 WIB
Satgas Covid-19 menyebut empat daerah di Papua dan papua Barat nol kasus Virus Corona. Ilustrasi Covid-19. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Satuan Tugas Penanganan (Satgas) Covid-19 mencatat hingga kini setidaknya ada empat daerah di Provinsi Papua dan Papua Barat tak terdampak alias bebas dari penyebaran Virus Corona.

Mengutip laporan dari situs resmi Satgas Covid-19 pada Senin (25/1), empat daerah tersebut adalah Kabupaten Puncak Jaya, Dogiyai, dan Intan Jaya, serta satu Kabupaten di Papua Barat yakni, Pegunungan Arfak.

Empat daerah tersebut merupakan 0,78 persen dari total 514 kabupaten kota di Indonesia, atau 29 kabupaten kota di Papua dan 13 kabupaten kota di Papua Barat.


Sementara, berdasarkan laporan Tim Satgas, jumlah kasus positif Covid-19 di Papua secara kumulatif saat ini mencapai 14.715 kasus, kemudian di Papua Barat mencapai 6.533 kasus.

Selain empat daerah tersebut, Satgas juga mencatat 11 daerah yang tidak lagi ditemukan penyebaran kasus. Jumlah itu tersebar di tiga provinsi meliputi Sumatera Utara, Papua, dan Nusa Tenggara Timur.

Di Papua, tiga daerah masing-masing Nias, Nias Utara, dan Nias Barat. Kemudian lima daerah di Papua yakni, Marauke, Puncak Jaya, Yahukimo, Tolikara, Waropen, dan Mamberamo Raya, serta satu wilayah di NTR yakni Kabupaten Timor Tengah Utara.

Tim Satgas Covid-19 membagi empat kategori terkait peta risiko penyebaran Covid-19, yakni risiko tinggi, sedang, rendah, tidak ada kasus, dan tidak terdampak.

Sementara, selain empat daerah tidak terdampak dan 11 daerah nihil kasus, sebanyak 363 daerah masuk dalam zona risiko sedang, lalu 92 daerah masuk zona risiko tinggi, dan 44 daerah masuk zona risiko rendah.

(thr/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK