Manuver Ali Lubis Minta Anies Mundur Berujung Polemik

CNN Indonesia | Rabu, 27/01/2021 11:45 WIB
Pernyataan Ketua DPC Gerindra Jaktim, Ali Lubis yang meminta Anies Baswedan mundur dari jabatan Gubernur DKI mendapat respons dari DPP Gerindra. Pernyataan Ketua DPC Gerindra Jaktim, Ali Lubis yang meminta Anies Baswedan mundur dari jabatan Gubernur DKI mendapat respons dari DPP Gerindra. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Jakarta Timur, Ali Lubis meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mundur dari jabatannya jika tidak sanggup melawan virus corona (Covid-19).

"Terkait hal di mana Anies meminta pemerintah pusat untuk mengambil alih kordinasi penanganan Covid-19 di Jakarta, menimbulkan pertanyaan besar apakah Anies nyerah lawan Covid-19? Jika seperti itu maka sebaiknya mundur saja dari jabatan Gubernur," kata Ali dalam keterangannya, Kamis (21/1).

Pernyataan Ali Lubis itu direspons oleh DPP Partai Gerindra. Diketahui, partai pimpinan Prabowo Subianto itu merupakan salah satu partai pengusung Anies saat maju di Pilkada DKI Jakarta 2017.


Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pihaknya sudah menegur Ali Lubis. Dasco memastikan, kritik yang disampaikan Ali merupakan pendapat pribadi.

"Untuk masalah ketua DPC sendiri itu sudah diberikan arahan langsung oleh Wakil Ketua Umum Pak Habiburokhman, dan sudah diberikan semacam (teguran), diingatkan," kata Dasco di Balai Kota, Senin (25/1).

Dasco mengatakan partai telah mengingatkan Ali Lubis agar tidak menyampaikan pendapat pribadi tanpa berkoordinasi dengan partai. Apalagi, Ali merupakan Ketua DPC Jakarta Timur.

"Karena menyangkut hal yang prinsip," ujar Wakil Ketua DPR RI ini.

Menurut Habiburokhman, meski telah membuat pernyataan terkait Anies, partai tidak ada rencana untuk memecat Ali sebagai kader. Sanksi teguran, kata dia, sudah cukup.

"Itu kan sanksi sudah cukup. Sudah cukup berat. Teguran itu sudah sanksi yang berat ya," kata dia.

Sementara Wakil Gubernur DKI Riza Patria, membela Anies dari pernyataan Ali itu. Riza--yang juga Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta mengatakan sebagai kader partai, seharusnya Ali memberi kritik secara internal dan bukan ke publik.

Ia juga menyebut bahwa apa yang dilakukan Anies dalam penanganan Covid-19 sudah baik.

"Memberi masukan boleh, tidak perlu ke publik. Apa yang dikerjakan Pak Anies sebagai Gubernur terkait penanganan Covid sudah luar biasa. Teman-teman bisa lihat fakta dan datanya, bagaimana DKI Jakarta melawan hebatnya virus, kita masih bertahan dan mengendalikan," ucap dia.

(yoa/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK