Pelanggan Prostitusi di Sunter Coba Kabur Terobos Polwan

CNN Indonesia | Kamis, 28/01/2021 10:36 WIB
Polisi memeriksa pelanggan prostitusi online di bawah umur di Sunter untuk menggali keterangan soal jaringan tersebut. Ilustrasi. (Foto: Istockphoto/ Motortion)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelanggan atau konsumen bisnis prostitusi online yang terjadi di sebuah hotel daerah Sunter Jaya, Jakarta Utara diamankan polisi usai berupaya menerobos kepungan polisi saat operasi penjaringan.

Pelanggan itu turut diamankan saat kepolisian menangkap muncikari berinisial R serta empat perempuan di bawah umur dalam pengungkapan kasus bisnis prostitusi online pada Senin (25/1) lalu.

"Pertama kami amankan adik-adik korban, kemudian si penyewa ini kita amankan, karena dia mau nerobos polwan," kata Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Tanjung Priok AKP Paksi Eka Saputra saat dihubungi, Kamis (28/1).


Pemeriksaan terhadap pelanggan itu, katanya, bertujuan untuk mengungkap jaringan prostitusi online tersebut.

"Saya menggali dari penyewa ini, link-nya dari siapa, kejar ke muncikarinya," ujarnya.

Sejauh ini, kata Paksi, belum ada potensi pelanggan tersebut akan turut ditetapkan sebagai tersangka. Sebab, saat penangkapan belum terjadi penggunaan jasa prostitusi itu.

"Karena bagaimana pun juga kalau pengalaman saya sidang model-model gini sulit menjerat penggunanya apalagi belum digunakan belum terjadi," tutur Paksi.

Dalam kasus ini, muncikari berinisial R telah ditetapkan sebagai tersangka dan telah ditahan. Dia disebut mematok tarif bervariasi dalam bisnis prostitusi online anak di bawah umur ini, yakni Rp5 juta hingga Rp10 juta.

Untuk pembagian imbalannya pun beragam. Anak berusia 17 tahun mendapat Rp3 juta, yang berusia 15 tahun mendapat Rp1,5 juta.

(dis/arh)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK