BMKG Prediksi Hujan dan Angin Kencang di Cirebon-Kuningan

CNN Indonesia | Rabu, 03/02/2021 18:07 WIB
BMKG mengimbau agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah. Hujan. Ilustrasi. (Istockphoto/Yury Karamanenko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kertajati memperkirakan potensi hujan disertai angin kencang di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, hingga Kuningan.

Diperkirakan kondisi tersebut berlaku mulai hari ini dan beberapa hari ke depan.

Menurut Prakirawan BMKG Kertajati Ahmad Faa Izyin, fenomena hujan dan angin kencang tersebut disebabkan oleh terbentuknya beberapa pusat tekanan rendah di wilayah selatan ekuator Indonesia.


Potensi hujan dan angin kencang juga terjadi karena terdapat belokan angin sehingga meningkatkan pertumbuhan awan-awan hujan yang berpotensi hujan disertai angin kencang di wilayah yang dikenal dengan Ciayumajakuning tersebut.

"Berdasarkan hasil pengamatan hari ini dari BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati, arah kecepatan angin umumnya dari arah barat dengan kecepatan maksimum mencapai 41 km/jam," tutur Ahmad dalam keterangan resmi, Rabu (3/2).

Ahmad mengatakan, kondisi hujan disertai angin kencang di wilayah Ciayumajakuning diperkirakan kecepatan anginnya dapat mencapai nilai maksimum hingga 56 km/jam dan masih akan berlangsung hingga empat hari ke depan.

BMKG mengimbau agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah, berkendara dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti pohon tumbang, baliho roboh, banjir, tanah longsor dan lain-lain.

Selain itu, perlu diperhatikan juga peningkatan tinggi gelombang mencapai lebih dari 1,5 meter di perairan utara Cirebon dan Indramayu.

(hyg/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK