Bobby Mantu Jokowi Dilantik jadi Walkot Medan 26 Februari

CNN Indonesia | Kamis, 25/02/2021 15:35 WIB
Bobby Nasution bakal dilantik menjadi Wali Kota Medan yang baru di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara. Menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution bakal dilantik jadi Wali Kota Medan yang baru pada 26 Februari (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Medan, CNN Indonesia --

Menantu Presiden Jokowi yakni Bobby Nasution akan dilantik sebagai Wali Kota Medan, Sumatera Utara yang baru hasil Pilkada 2020 lalu pada Jumat (26/2). Bobby akan dilantik bersama Aulia Rachman selaku Wakil Wali Kota Medan.

Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Akmal Malik mengatakan pelantikan dilakukan Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara bersama 10 kepala daerah lainnya yang juga terpilih di Pilkada 2020.

Akmal lalu mengingatkan kepada kepala daerah yang akan dilantik untuk tidak membawa massa. Dia tidak mau ada kerumunan di tengah pandemi virus corona (Covid-19).


"Kami minta seluruh unsur forkopimda untuk dapat bekerjasama dan mengawal pelantikan yang akan dilakukan besok agar tidak terjadi kerumunan massal," ungkap Akmal Malik dalam rakor virtual pemantapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, Kamis (25/2).

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi juga mengimbau hal serupa. Dia tidak ingin para kepala daerah baru yang akan dilantik membawa massa hingga membuat kerumunan.

Pejabat yang tidak diundang pun diminta tidak hadir langsung menyaksikan pelantikan.

"Sudah ada di dalam aturannya, memang tidak membawa massa. Yang hadir hanya yang dilantik," kata Edy Rahmayadi, Kamis (25/2).

Edy mengatakan Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) kabupaten/kota juga tidak perlu hadir secara langsung. Forkopimda tingkat provinsi yang akan mewakilkan.

Dengan demikian, hanya suami atau istri kepala daerah yang diperbolehkan hadir dalam acara pelantikan besok.

"Yang lain menggunakan virtual di daerah masing-masing," sebut Edy.

Plh Wali Kota Medan, Wiriya Alrahman mengatakan bahwa pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan dilakukan pada gelombang pertama bersamaan dengan lima kepala daerah lainnya.

"Untuk pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan akan dilakukan pada gelombang pertama pukul 08.00 WIB bersamaan dengan 5 kepala daerah kabupaten/kota lainnya dan yang akan melantik adalah Bapak Gubernur," paparnya.

Berikut jadwal pelantikan kepala daerah di Sumatera Utara hasil Pilkada 2020 yang akan digelar pada Jumat (26/2).

Gelombang Pertama Pukul 08.00 WIB

1. Medan: Bobby Nasution-Aulia Rachman

2. Binjai: Juliadi-Amir Hamzah

3. Tanjungbalai: M Syahrial-Waris

4. Asahan: Surya-Taufik Zainal

6. Serdang Bedagai: Darma Wijaya-Adlin Umar Yusri Tambunan

Gelombang Kedua Pukul 14.00 WIB

1. Sibolga: Jamaluddin Pohan-Pantas Maruba Lumbantobing

2. Pakpak Bharat: Franc Bernhard Tumanggor-Mutsyuhito Solin

3. Labuhanbatu Utara: Hendriyanto Sitorus-Samsul Tanjung

4. Tapanuli Selatan: Dolly Putra Parlindungan Pasaribu-Rasyid Assaf Dongoran

5. Toba: Poltak Sitorus- Tonny M Simanjuntak

(fnr/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK