Forkopimda Dirikan Posko Merah Putih Dekat Bekas Markas FPI

CNN Indonesia | Kamis, 25/02/2021 16:35 WIB
Posko Merah Putih didirikan guna membantu warga Jalan Petamburan III dan sekitarnya menghadapi pandemi virus corona. Forkopimda mendirikan Posko Merah Putih dekat markas FPI di Jalan Petamburan III (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jakarta Pusat yang terdiri dari Pemkot Jakarta Pusat, Polres Jakarta Pusat dan Dandim 0501 meresmikan Posko Merah Putih di dekat bekas markas Front Pembela Islam (FPI) Jalan Petamburan III.

Posko tersebut didirikan guna membantu masyarakat setempat dalam menghadapi pandemi virus corona (Covid-19) serta dampak ekonominya.

"Ini untuk para pengawas protokol kesehatan di tingkat RW, kegiatan pendukung pencegahan Covid-19, termasuk membantu pemulihan ekonomi masyarakat," kata Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mengutip Antara, Kamis (25/2).


Posko Merah Putih diresmikan langsung oleh Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma, Dandim 0501/JP BS Kolonel Inf Luqman Arief dan Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Hengki Haryadi.

Saat peresmian, sejumlah perwakilan masyarakat setempat diberikan bantuan berupa beras lima kilogram dan juga masker untuk dipakai saat berkegiatan sehari-hari.

Dandim 0501/JP BS Kolonel Inf Luqman Arief mengharapkan kegiatan pembagian bantuan sembako itu dapat terus berjalan. Dengan begitu warga yang terkena dampak Covid-19 dari segi finansial bisa terbantu.

"Kita harap kegiatan ini tak sampai di sini aja, bisa berlanjut dan berjenjang. Pembagian sembako ini diharapkan terus sampai Idulfitri," ujar Luqman.

Posko Merah Putih juga menyediakan layanan tes cepat virus corona gratis bagi warga sekitar. Dengan begitu, masyarakat bisa memeriksakan dirinya terpapar virus corona atau tidak dengan lebih mudah.

Ada sekitar 100 alat tes cepat yang disediakan oleh Forkopimda bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan swasta lewat kegiatan sosialnya.

"Kebetulan kita ada kelebihan dari rekan-rekan pengusaha yang peduli NKRI. Itu kita bantu untuk kita salurkan," ujar Luqman.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Hengki Haryadi berharap masyarakat setempat bisa lebih aktif terlibat dalam penanggulangan penyebaran virus corona dengan keberadaan Posko Merah Putih.

Dia berharap warga sekitar jadi lebih patuh terhadap protokol kesehatan demi keselamatan bersama.

"Pandemi ini adalah musuh kita bersama, jadi bukan siapa yang paling berwenang baik Pemda, Kepolisian, Kodim, tetapi harus ditangani bersama- sama karena ini adalah tanggung jawab kita," ujar Hengki.

(Antara/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK