Kemhan Luncurkan Kapal Angkut Tank TNI AL KRI Teluk Weda-526

CNN Indonesia | Senin, 01/03/2021 19:33 WIB
Kementerian Pertahanan meresmikan peluncuran Kapal Angkut Tank (AT-8) H-355 bernama KRI Teluk Weda-526 yang diperuntukan bagi TNI AL. Ilustrasi kapal perang. Foto: iStockphoto/komisar
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Pertahanan meresmikan peluncuran Kapal Angkut Tank (AT-8) H-355 bernama KRI Teluk Weda-526 yang diperuntukan bagi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL).

Kepala Pusat Alat Pertahanan Badan Sarana Pertahanan (Kapus Alphan Baranahan) Marsma TNI Asfan Jauhari mengatakan kapal angkut buatan dalam negeri ini diproduksi oleh PT. Bandar Abadi Ship Builders and Dry Docks di Batam.



Peluncuran KRI Teluk Weda dengan nomor lambung 526 itu kata Asfan juga menandai selesainya pembangunan struktur kapal yang telah diinisiasi sejak 2018 lalu.


Kapal Angkut Tank ini berasal dari anggaran Pinjaman Dalam Negeri (PDN) Tahun Anggaran 2018 dan pembangunannya telah dimulai sejak 13 September 2019 lalu.

"Pengadaan Kapal Angkut Tank ini merupakan bagian dari program Pembangunan Kekuatan Pertahanan untuk mewujudkan Kekuatan Pokok Minimal (minimum essensial force) sesuai renstra 2015-2019", kata Asfan melalui keterangan, Senin (1/3).

Asfan menjelaskan pembangunan Kapal Angkut Tank oleh PT. Bandar Abadi ini juga menjadi salah satu upaya pemerintah dalam pembinaan serta mendorong kemandirian industri dalam negeri.

"Guna mengurangi ketergantungan kepada industri negara lain khususnya dalam hal pengadaan kapal-kapal perang," kata dia.



KRI Teluk Weda-526 ini memiliki spesifikasi yakni panjang kapal 117 meter, kecepatan maksimal 16 knots (full load), dan bisa menampung jumlah ABK sebanyak 111 orang serta dapat mengangkut pasukan sebanyak 367 orang serta 15 Tank BMP-3F.

Dalam peresmian ini hadir pula Komisaris Standly Rojali beserta Direktur PT Bandar Abadi Maslina Simanjuntak dan sejumlah pejabat Kemhan lainnya serta dari TNI Angkatan Laut.

(tst/gil)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK