ANALISIS

Nasib Trah Cikeas di Tengah Ancaman KLB Demokrat

CNN Indonesia | Rabu, 03/03/2021 06:47 WIB
Gejolak internal Demokrat bermula ketika AHY mengungkap ada pihak lingkaran dekat Presiden Joko Widodo yakni Moeldoko ingin mengambil alih partai. KLB Demokrat dinilai sulit terwujud. Ilustrasi (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Sementara pengamat politik dari The Habibie Center Bawono Kumoro menilai para eks kader Demokrat akan sulit untuk merealisasikan KLB untuk mendongkel AHY dari jabatan ketum.

Bawono mengatakan pelaksanaan KLB tergantung pada sejauh mana eks kader solid mengonsolidasikan pengurus partai di daerah agar satu suara. Namun, melihat sikap partai sebulan terakhir sejak upaya pendongkelan diumumkan, ia menyebut Demokrat masih cukup solid.

"Karena itu akan berat sekali bagi senior pendiri Partai Demokrat tersebut untuk merealisasikan wacana KLB," kata Bawono kepada CNNIndonesia.com.


Bawono mengatakan sejumlah pengurus di daerah Demokrat juga telah menyatakan setia pada kepemimpinan AHY, termasuk dukungan terhadap pemecatan ketujuh kader yang membelot.

Peneliti LIPI Wasisto Raharjo Jati menganggap sangat kecil kemungkinan KLB Demokrat benar-benar terwujud. Menurutnya, desakan KLB juga keluar dari para kader yang telah dipecat.

"Apalagi faksi internal dalam tubuh PD itu tidak berimbang satu sama lain. Malah yang ada ketika ada kader yang itu tidak loyal pada faksi Yudhoyono malah terpental sendiri," ujarnya.

Wasisto mengatakan sekalipun KLB terlaksana, faksi Yudhoyono tak akan hadir. Oleh karena itu, kata Wasisto, kemungkingan besar KLB tersebut akan melahirkan partai baru. Namun, ia yakin KLB tak terwujud.

"KLB tidak akan terwujud karena jumlah keanggotaan yang tidak kuorum dan apalagi kondisi pandemi sekarang, orang enggan berlama lama berbaur satu sama lain," katanya.

Salah satu pendiri Partai Demokrat, Hencky Luntungan mengklaim telah mengantongi dukungan hingga 380 pengurus di daerah sebagai pemilik suara sah untuk menggelar KLB.

Jumlah tersebut mencapai 70-80 persen suara pengurus di daerah. Dengan jumlah suara tersebut, ia optimistis KLB akan digelar Maret.

"Sudah tinggal start, semua tinggal mulai semua. Cuma hari H nya belum kita ekspose. Sudah 380-an [dapat dukungan]. Berarti sekitar 70-80 persen pemilik suara," kata Hencky kepada CNNIndonesia.com.

(thr/fra)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK