Menkes Rancang Program Parade Vaksinasi Drive Thru Motor

CNN Indonesia | Kamis, 04/03/2021 18:58 WIB
Pemerintah akan menggelar parade drive thru sepeda motor demi mengejar capaian vaksinasi Covid-19. Ilustrasi vaksinasi dengan sistem drive thru sepeda motor. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berencana menggelar parade vaksinasi Covid-19 secara drive thru atau layanan tanpa turun (Lantatur) menggunakan sepeda motor.

Hal itu, kata dia, terinspirasi dari Amerika Serikat (AS) yang berhasil menggelar vaksinasi drive thru mobil di Stadion Coors Field, Colorado, AS, yang menyasar 10 ribu warga lanjut usia, pada akhir Januari.

"Kita bikin bersama-sama satu parade drive thru motor. Kalau Amerika 10 saja bisa menyebar ke seluruh dunia, kita bikin 100 lah, mau di Senayan, Kemayoran, nanti kita kerjasama komponen yang lain," kata Budi dalam acara daring yang disiarkan melalui kanal YouTube Lawan Covid19 ID, Kamis (4/3).


Budi lantas meminta kerjasama para pihak termasuk beberapa pihak swasta seperti perusahaan pengembang aplikasi transportasi dan aplikasi telemedicine untuk ikut meramaikan dan mendokumentasi kegiatan itu agar viral di banyak negara.

"Kita buktikan bahwa bangsa kita bukan hanya bangsa yang masuk golongan negara berkembang, tapi bangsa yang memang harus dilihat sebagai bangsa yang berpotensi untuk menjadi salah satu yang disegani di dunia nanti ke depannya," jelas dia.

Layanan drive thru mobil dan motor ini sudah terlaksana sejak Rabu (3/3) kemarin. Vaksinasi digelar di Parkir Hall C Jakarta International Expo (JIExpo) yang menyasar para lansia. Lansia yang ingin mengikuti vaksinasi Covid-19 ini harus mempersiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta.

Budi sebelumnya mengatakan upaya vaksinasi drive thru itu ditujukan sebagai salah satu akselerasi untuk mempercepat proses penyuntikan vaksinasi di Indonesia. Pemerintah telah menargetkan akan menyuntik sebanyak 181,5 juta penduduk Indonesia.

Program vaksinasi yang ditargetkan rampung dalam setahun ini ditargetkan mampu mencapai target herd immunity atau kekebalan komunitas terhadap virus corona.

(khr/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK